Minggu, 30 November 2014

Mengatasi anak kejang demam dan muntah

Mengatasi anak kejang demam dan muntah

Anak merupakan buah hati didalam keluarga, bagaimana cara mengatasi anak anda yang kejang disertai dengan demam dan muntah-muntah, terkadang diiringi dengan tangisan yang terjadi terus-menerus. kejang demam merupakan penyakit yang  lazim ditemui pada bayi dan anak usia 6 bulan sampai dengan 5 tahun. terjadinya kejang pada saat demam tinggi karena gangguan pada susunan syaraf pusat di otak. ciri-ciri kondisi anak kejang demam tubuhnya menjadi kaku, susah bernapas dan bola mata berbalik ke atas,bahkan muntah. merupakan hal yang paling dicemaskan oleh orang tua ketika anaknya mengalami demam tinggi. pada umumnya orang tua selain rasa cemat juga diliputi rasa panik. penyebab dari kejang demam pada umumnya karena infeksi, kemungkinan infeksi ke saluran pencernaan, infeksi saluran pernapasan bahkan setelah melakukan imunisasi.
anak kejang demam dan muntah berbahaya jika masuk kategori kompleks

Menurut dr. WIYARNI PRAMBUDI,SpA, IBCLC dokter spesialis anak, kejang demam ada beberapa kategori yaitu kejang demam yang simple dan kejang demam yang kompleks.
1. Kejang demam simple terjadinya singkat lalu seluruh tubuh bayi atau anak mengalami kejang, prosesnya tidak berlangsung lama. hampir rata-rata bayi atau anak mengalami kejang demam kategori ini. untuk dampak yang ditimbulkan kejang demam simple atau sederhana tidak menimbulkan bahaya bagi otak, perkembangan dan kecerdasan anak.jadi tidak berpengaruh.
2. Kejang demam kompleks berlangsung lama sekitar 15 menit si separuh bagian tubuh. jadi anggota tubuh bayi atau anak hanya terjadi di sebelah kiri atau hanya disebelah kanan tubuh. untuk kejang demam kompleks ini yang berbahaya dan harus dievaluasi lebih lanjut terutama kedokter spesialis.

Cara mengatasi kejang demam pada anak dan balita
Kejang yang terjadi tidak bisa dicegah, namun demamnya yang harus dikendalikan yaitu dengan memberikan obat penurun panas dan mungkin mengendalikan suhu tubuh tidak selalu harus bergantung kepada obat penurun panas karena kita tahu dengan banyak minum air, diseka dengan air hangat suhu tubuh akan turun secara alami. untuk cara mengatasi kejang demam disertai muntah pada anak dan balita secara alami yaitu dengan cara :
1. Menghadapi kejang demam tanpa rasa panik
Anda harus tenang, berdoa karena jika berada dalam kondisi panik anda tidak akan bisa melakukan apa yang seharusnya kita lakukan.
2. Amankan bayi dari hal-hal di sekitar yang membahayakan
Misalkan mengamankan daerah sekitar bayi dari benda-benda keras, benda tajam,api dan sebagainya, selanjutnya beri ketenangan pada bayi dengan memeluknya.
3. Pegang bayi perlahan, jangan memasukkan apa pun ke dalam mulut bayi.
Banyak yang salah dalam menangani bayi yang kejang dengan memberikan benda yang keras sepeti sendok dan lainnya. yang dikhawatirkan  sendok atau benda keras tadi dapat melukai rongga mulut.
4. Untuk menahan gigitan bayi bisa dipakai bahan yang lebih lunak. seperti serben atau handuk.
5. Kepala dimiringkan agar bayi tidak tersedak jika muntah.

Cara pengobatan demam anak dengan obat herbal dan tradisional yang alami

Obat herbal anda dapat mencari obat yang beredar di pasaran terutama yang mengandung zat Ephedra herba, cinnamomi korteks, Armeniacae semen, dan Glycyrrhizae radix
untuk pengobat secara tradisional dan alami anda melakukan hal berikut
1. Masukan Bawang merah didaerah kaki anak dan dibungkus. anda bisa membungkus kaki anak dengan kaus kaki. untuk bawang merah bisa anda haluskan.
2. Hancurkan bawang putih dan campur dengan minyak zaitun, oleskan/balur didaerah sekitar telapak kaki.
3. Dengan kentang juga anda dapat untuk mengobati demam anak secara tradisional dengan cara mengiris kentang kemudian dicampur ke dalam larutan cuka selama 10 menit. irisan kentang tadi ditempel ke daerah dahi anak yang demam.

0 komentar:

Posting Komentar