Minggu, 30 November 2014

Penyebab dan obat susah buang air besar secara alami

Penyebab dan obat susah buang air besar secara alami


Penyakit buang air besar (BAB) yang biasa disebut sembelit merupakan penyakit yang menjengkelkan. dalam keseharian banyak mitos atau pernyataan yang tidak sesuia dengan ilmu medis yang kita dengar mengenai penyakit ini diantaranya adalah :
pengerasan sisa makanan menjadi penyebab susah buang air besar
Usus

1. Buang air besar harus setiap hari
Mungkin selama ini kita berpikir bahwa setiap hari harus buang air besar, meskipun jadwal setiap pagi adalah jadwal yang paling umum akan tetapi setiap individu itu berbeda-beda. yang terpenting adalah skedulnya teratur. bisa sehari 3 kali, 2 hari sekali akan tetapi bisa dikatakan kita terkena sembelit atau susah buang air besar (BAB) apabila seminggu kurang dari 3 kali.
2. Buang air besar (BAB) yang ditahan akan diserap lagi oleh tubuh dan dapat menyebabkan tubuh keracunan.
Belum ada pembuktian secara klinis buang air besar (BAB) yang ditahan akan menyebabkan timbunan racun dalam tubuh.

Penyebab susah buang air besar
Jika kita kurang minum air, terutama minum air putih biasanya bisa menjadi salah satu penyebab susah buang air besar penyebab susah buang air besar :
1. Konsumsi makanan dan minuman berserat yang kurang
2. Menunda-nunda saat waktu BAB
3. Terlalu banyak minum/makan yang mengandung susu, termasuk juga keju.
4. Terlalu sering memakai obat untuk BAB misalnya obat pencahar. kalau anda terlalu sering menggunakannya maka akan melemahkan otot dari usus.
5. Depresi
6. Kanker usus besar
7. Obat maag antasid yang terdapat zat kalsium
Obat susah buang air besar secara alami
Obat tidak selamanya selalu berhubungan dengan yang berbahan kimia, tetapi bisa juga terdapat dalam makanan yang sering kita temui dan konsumsi selama ini.
1. Air putih
Usahakan untuk selalu mengkonsumsi air putih dan batasi mengkonsumsi kopi atau teh jika tidak diperlukan
2.  Makanan jenis kacang-kacangan
Contoh makanan jenis kacang-kacang misalnya kacang polong, blueberry dan lainnya. mengapa jenis makanan ini baik untuk pencernaan? karena jenis makanan kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi.
3. Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks
Contoh makanan karbohidrat kompleks yaitu terdapat pada kentang,  roti gandum, jagung.  dan diusahakan bahan makanan tadi direbus.
4. Mengkonsumsi buah pisang
Mengapa buah pisang? karena pisang mengandung kalium dan juga dapat mengatasi gejala sembelit.
5. Mengkonsumsi sayur brokoli.
Olah raga baik untuk sistem metabolisme tubuh dan metabolisme pencernaan. ini akan mempengaruhi atau membantu saluran pencernaan berjalan dengan baik. dari usus halus ke usus besar akhirnya ke proses pembuangan.
Cara mengatasi susah buang air besar di atas sangat baik untuk tubuh karena mengandung zat yang tidak berbahaya.

Penyebab buang air besar berdarah
Setiap hari kita mengkonsumsi makanan, apabila anda kekurangan cairan atau kurang serat  tentunya ini akan mempengaruhi perjalanan makanan ke usus.  jika terjadi kekurangan cairan dan serat sisa makanan akan mengeras sulit untuk menuju saluran pembuangan. pengerasan sisa makanan tadi menjadi penyebab kita susah buang air besar (sembelit).
Buang besar bisa terjadi pada siapa saja bisa saja terjadi pada wanita hamil, anak kecil juga pada orang dewasa, Hal ini bisa kita lihat dengan terjadinya darah segar yang keluar pada kotoran atau anus,terkadang juga bercampur dengan lendir. Tentu saja kalau kita biarkan akan berbahaya. Apa penyebab buang air besar berdarah adalah sebagai berikut :
1.       Divertikula adalah kantung berukuran kecil yang terletak pada daerah dinding usus. Dalam keadaan normal divertikula tidak menimbulkan masalah, tapi terkadang mereka bisa berdarah atau terinfeksi.
2.       Terdapat luka pada daerah anus
3.       Terjadi radang usus besar. Pernyebabnya karena terjadi infeksi atau penyakit inflasi pada usus.
4.        Luka pada daerah lapisan lambung

Cara mengatasi buang air besar berdarah
Untuk pencegahan buang air besar berdarah dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Sumber makanan terdapat pada daging sapi, hati ayam, kerang. Jenis sayuran yang mengandung zat besi terdapat pada bayam, jamur putih, jamur tiram. Pada buah terdapat pada buah persik, pir, kismis, apel.

0 komentar:

Posting Komentar