Rabu, 21 Januari 2015

Daftar kadar kolesterol dan lemak pada sumber makanan

Daftar kadar kolesterol dan lemak pada sumber makanan

Apakah anda takut gemuk dengan perut berlemak?atau lebih mengerikan lagi takut terserang penyakit. kalau anda takut, anda wajib mengetahui sumber makanan anda sehari hari.
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari  memiliki kandungan zat dan nutrisi pada sumber makanannya . Tapi pada artikel Daftar kadar kolesterol dan lemak pada sumber makanan ini saya tidak membahas mengenai nutrisi vitamin,mineral dan sebagainya, tetapi hanya mengupas kolesterol dan lemak. Karena sumber makanan sehari-hari yang kita konsumsi belum tentu menyehatkan dan di antaranya mengandung kolesterol tinggi/jahat dan lemak jenuh/jahat. Sebenarnya semua makanan yang kita konsumsi menyehatkan tetapi jika sudah dalam kadar berlebihan tidak baik bagi tubuh kita.

kolesterol tinggi jahat dan lemak pada makananKolesterol
Fungsi Kolesterol adalah membuat hormon,  membuat vitamin D, Membuat asam empedu yang berguna untuk menyerap vitamin dan membantu  proses pencernaan.

Lemak
Lemak adalah salah satu senyawa dari asam organik, Fungsi lemak dalam tubuh terutama memberikan energi/kekuatan selain itu lemak juga ikut membantu kulit dan rambut kita tetap sehat. kolesterol adalah metabolit yang di dalamnya mengandung lemak sterol.cara mengatasi kolesterol tanpa obat tentunya dengan menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi/jahat.

Kalau dilihat dari fungsi kolesterol dan lemak tadi kedua zat itu ternyata berguna untuk tubuh akan tetapi  dari sumber makanan yang baik tadi ternyata mengandung unsur jahat dan merugikan tubuh kita yaitu lemak jenuh dan kolesterol tinggi (kolesterol jahat). sebagai pelengkap anda bisa membaca resep Rahasia makanan dan menu diet mayo

Daftar sumber makanan berikut kadar kolesterol dan lemak yang dikandungnya
Jumlah kandungan kolesterol sumber bahan makanan per 100gr

1. Mentega kandungan kolesterol 230mg
2. Bebek kandungan  kolesterol 100mg
3. Babi kandungan kolesterol 93mg
4. Ayam kandungan kolesterol 76mg
5. Sapi  kandungan kolesterol 73mg
6. Ikan kandungan kolesterol 13-60mg

Jumlah kandungan lemak jenuh sumber bahan makanan per 100gr

1. Minyak kelapa kandungan lemak jenuh 85g
2. Mentega kandungan lemak jenuh 54g
3. Minyak kelapa sawit kandungan jenuh lemak 45.3
4. Daging babi kandungan lemak jenuh 40.8g
5. Daging bebek kandungan lemak jenuh 33.2g
6. Daging sapi kandungan lemak jenuh 16g
7. Minyak jagung  kandungan lemak jenuh 12.7g
8. Ikan kandungan lemak 11.1
8. Minyak lobak kandungan lemak jenuh 5.3g

Batas kolesterol normal yang di butuhkan tubuh manusia adalah 160-200mg. sebenarnya anda tidak perlu bersusah payah menghitung berapa jumlah keseluruhan kandungan kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh kita yang telah kita konsumsi perharinya, yang harus anda pertimbangkan adalah membatasi sumber bahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh.dengan menurunkan porsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi/jahat.dengan cara membatasi, di harapkan tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya dan bebas dari kegemukan. lemak dalam darah yang biasa di sebut lipid darah jika melebihi batas normal dapat beresiko terkena penyakit jantung dan tentunya obesitas atau kegemukan. dari artikel ini di harapkan anda lebih berhati-hati dalam memilih menu makanan yang akan di konsumsi.pilihlah yang baik untuk kesehatan.
Mencegah dan memelihara kesehatan lebih mudah daripada mengobati penyakit


sumber:
1. Food Standards Agency (1991). "Fats and Oils". McCance & Widdowson's the Composition of Foods. Royal Society of Chemistry

2. Altar, Ted. "More Than You Wanted To Know About Fats/Oils". Sundance Natural Foods. Retrieved 2006-08-31.

0 komentar:

Posting Komentar