Jumat, 10 Juli 2015

Diabetes melitus adalah penyakit berbahaya

Diabetes melitus adalah penyakit berbahaya 

Ketika dokter memberitahu bahwa anda menderita diabetes melitus atau asam urat tinggi ketika anda mulai sadar akan kemungkinan terkena penyakit ini, anda mungkin menjadi cemas kemudian bertanya tanya "apakah saya nanti tidak boleh makan enak lagi?, apakah harus suntik insulin setiap hari seperti kata orang?, apakah kaki saya juga akan di amputasi?, apakah saya juga akan  terkena penyakit jantung, ginjal, stroke atau mungkin mengalami impotensi dan bahkan kematian?"

Banyak orang pada awalnya tidak tahu bahwa mereka menderita diabetes. di negara maju seperti amerika misalnya, dari sekitar 16 juta penderita diabetes, hampir 7 juta di antaranya baru mengetahui diri mereka mengidap diabetes setelah mengalami komplikasi di berbagai organ tubuh.  khusus di singapura yang pelayanan kesehatannya sudah maju, angkanya hanya mencapai 20 persen. ketidaktahuan ini  di sebabkan karena kebanyakan penyakit diabetes terus berlangsung tanpa keluhan sampai beberapa tahun.


Diabetes melitus dapat menyebabkan kaki di amputasi

Pada wanita dan juga pria yang berumur/usia di atas 40 tahun, adanya riwayat keturunan diabetes dan badan terlalu gemuk merupakan faktor resiko utama seseorang terkena diabetes. lebih dari itu mengingat perubahan gaya hidup masyarakat sekarang, banyak pakar melihat urbanisasi,  westernisasi, modernisasi, sebagai penyebab timbulnya diabetes.

menurut mereka kalau dulu orang banyak bergerak sekarang cenderung santai. semua serba otomatis, makanan makin beragam, semakin banyak makanan berkalori tinggi, manis serta mengandung lemak. orang berbadan gemuk sekarang sangat mudah di temui di sekitar kita.

Dari paparan di atas dapat kita ambil kesimpulan wajar saja jumlah penderita diabetes melonjak tajam. bahkan mereka yang masih berusia muda pun sudah terkena penyakit diabetes. yang lebih berbahaya dan menakutkan penyakit diabetes dapat mengakibatkan komplikasi pada mata, jantung, ginjal, saraf dan bahkan kemungkinan di lakukannya amputasi.

 Laporan statistik dari internasional diabetes foundation(IDF) menyebutkan bahwa sekarang ini sudah ada sekitar 230 juta penderita diabetes. angka ini terus bertambah hingga 3 persen  atau sekitar 7 juta orang setiap tahunnya. dengan demikian, jumlah penderita diabetes di perkirakan akan mencapai 350 juta pada tahun 2025 dan setengah dari angka tersebut berada di asia, terutama india, cina, pakistan dan indonesia.

Diabetes telah menjadi penyebab kematian terbesar ke empat di dunia. setiap tahun ada 3,2 juta kematian yang di sebabkan langsung oleh diabetes. itu berarti ada 1 orang per 10 detik atau 6 orang per menit yang meninggal akbat penyakit yang berkaitan dengan diabetes.

di Amerika yang sudah maju sekalipun, angka kematian akibat diabetes bisa mencapai 200.000 orang pertahun.

Statistik penyakit diabetes di indonesia pada tahun 1995 ada 4,5 juta orang yang mengidap diabetes, nomor 7 terbanyak di dunia.

sekarang angka ini meningkat sampai 8,4 juta dan di perkirakan pada 2025  akan menjadi 12,4 juta orang atau urutan ke lima terbanyak di dunia. hampir 10 persen penduduk di kota besar seperti jakarta dan surabaya aedalah pengidap diabetes.  

diabetes adalah menjadi penyebab kematian terbesar ke empat di dunia. setiap tahun ada 3,2 juta kematian yang di sebabkan langsung oleh diabetes, itu berarti ada 1 orang per 10 detik atau 6 orang per meni yang meninggal akibat pernyakit yang berkaitan dengan diabetes. penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan yang paling utama bagi orang dewasa.

diabetes juga menjadi penyebab amputasi pada kaki paling sering di luar kecelakaan. tercatat lebih dari 1 juta orang yang di amputasi akibat diabetes melitus setiap tahun. di bandingkan dengan orang biasa, penderita diabetes 15-40 kali lebih sering mengalami amputasi kaki atau tungkai bawah.

penyakit jantung koroner dan kerusakan pembuluh darah bertanggung jawab atas 50-80 persen kematian pasien diabetes. selain itu, penyakit jantung ini juga sudah menjadi pembunuh nomor satu di negara industri. komplikasi pada mata, ginjal dan jantung  yang di akibatkan diabetes di perkirakan telah menghabiskan sekitar 5-10 persen anggaran kesehatan negara maju.

Angka di atas makin lama semakin bertambah seiring dengan gaya hidup modern yang serba santai, serba instan, dan serba canggih. akan tetapi tidak sampai separuh jumlah pengidap diabetes yang tahu dan mau berusaha mengatasi penyakitnya.

Diabetes melitus adalah penyakit yang serius, kena diabetes kadang membuat seseorang menjadi cemas, panis dan takut. si pasien harus melakukan diet, olahraga yang teratur, minum obat, dan bahkan harus di suntik insulin.

namun di pihak lain, adanya diabetes seringkali bisa mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih disiplin, lebih rajin berdiet dan olah raga. serta makin mengerti bagaimana menghadapi diabetes dengan benar. sebenarnya mengobati penyakit diabetes 95 persen kesembuhannya tergantung penderitanya.

obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan diabetes adalah mengenali dan memahami apa itu diabetes melitus semakin anda memahami penyakit ini maka anda semakin bisa memenangkan peperangan melawan diabetes.

keberhasilan anda mengontrol gula darah akan membuat anda terhindar dari komplikasi diabetes melitus seperti kerusakan mata, penyakit jantung, saraf dan juga ginjal. pada beberapa keadaan khusus diabetes juga dapat ada pada ibu hamil, pada anak dan juga orang berusia lajut(lansia).  diabetes juga dapat mempengaruhi aktifitas kehidupan seksual seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar