Minggu, 12 Juli 2015

Pengertian diabetes melitus dan diabetes insipidus

gambar organ tubuh diabetes melitus insipidus
gambar organ diabetes melitus
Diabetes melitus adalah penyakit yang di sebabkan oleh kekurangan atau berkurangnya insulin endogen. munculnya hiperglikemia adalah merupakan salah satu ciri-cirinya Tanda dan gejala diabetes melitus, kacaunya metabolisme dan juga gejala lainnya yang dapat mempengaruhi pembuluh darah.  Diabetes melitus terdiri atas 3 jenis yaitu :

1. Diabetes melitus tipe 1 adalah hasil dari tidak nor
malnya tubuh yang menyebabkan kegagalan tubuh untuk memproduksi insulin yang mencukupi.

2. Diabetes melitus tipe 2 adalah hasil dari resistensi terhadap insulin, gejala awalnya tingkat normal atau meningkat sirkulasi insulin.

Diabetes Gestasional biasanya terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya belum pernah mengalami penyakit diabetes tetapi kadar gula darah yang tinggi selama masa kehamilan biasanya di sebut memiliki ciri diabetes gestasional. hampir 4% dari ibu hamil terkena penyakit diabetes tipe gestasional. kemungkinan besar dari pengembangan diabetes melitus tipe 2 sangat jarang terjadi kena diabetes melitus tipe 1.

Gula dalam darah kita yang disebut glukosa berasal dari 2 sumber, yaitu dari makanan dan hasil olahan dari organ hati. gula dari sumber makanan yang di telah masuk ke dalam mulut, usus kemudian melakukan proses pencernaan, hasil olahan usus tadi di serap kedalam aliran darah yang merupakan sumber energi paling penting dari glukosa  yang di butuhkan sel tubuh di otot dan jaringan.

agar dapat melakukan fungsinya, glukosa membutuhkan zat lainnya yang disebut dengan insulin. hormon insulin ini di produksi oleh sel beta di pulau langerhans (islets of langerhans) dalam pankreas. setiap kali kita makan, pankreas memberi respon dengan mengeluarkan insulin ke dalam darah. akibat kunci insulin membuka pinstu sel agar glukosa masuk dengan demikian kadar glukosa dalam darah menjadi turun.

Hati merupakan tempat penyimpanan sekaligus pusat pengolahan glukosa. pada saat kadar insulin meningkat seirin dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh, hati akan menimbun glukosa yang nantinya akan di alirkan ke sel-sel tubuh jika di butuhkan.

ketika kita lapar atau tidak makan, insulin dalam darah rendah, timbunan gula dalam hati(glikogen) akan di ubah menjadi glukosa kemanli dan di keluarkan ke aliran daah menuju sel-sel tubuh.

Dalam pankreas juga ada sel alfa yang memproduksi hormon glukagon. apabila kadar ukuran glukosa yang terdapat di dalam darah kadarnya darah rendah, glukagon akan bekerja merangsang sel hati untuk memecah glikogen menjadi glukosa. tubuh kita mempunyai hormon-hormon lain yang fungsinya berlawanan dengan insulin yaitu zat glukagon, epinefrin, adrenalin,kortisol(hormon steroid). hormon-hormon ini memacu hati mengeluarkan glukosa sehingga glukosa darah bisa naik. keseimbangan  hormon-hormon dalam tubuh akan mempertahankan glukosa darah kita tetap dalam batas yang normal.

Pada penderita diabetes melitus ada gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel, glukosa yang di simpan di hati dan glukosa yang di keluarkan dari hati. akibatnya kadar glukosa dalam darah mengalami peningkatan. sisa yang berlebih ini melewati saluran urin. oleh karena itu urin menjadi banyak dan terkandung zat gula. yang menyebabkan terjadinya ada 2 faktor.

1. pankreas kita mempunyai kemampuan dalam memproduksi insulin.

2.  sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespon pada proses insulin sebagai kunci untuk membuka pintu sel sehingga glukosa tidak dapat masuk kedalam sel.

Dengan demikian telah jelas mengapa diabetes melitus juga sering disebut kencing manis. diabetes sama artinya dengan kencing sering berlebihan, melitus sendiri mempunyai arti atau makna manis. pada umumnya orang menyebut dengan diabetes.jenis lainnya yaitu diabetes insipidus. gejalanya sama dengan dengan diabetes melitus, gejala atau ciri-ciri penderita atau pasien diabetes insipidus juga sering mengeluarkan banyak kencing.

diabetes insipidus adalah penyakit yang di sebabkan karena gangguan hormon antidiuretik(hormon yang berguna untuk menahan kencing). perbedaan antara diabetes melitus dengan diabetes insipidus adalah penyebabnya. kalau diabetes melitus karena gula kalau diabetes insipidus karena gangguan pada hormon antidiuretik. apakah diabetes melitus bisa sembuh total? jawabannya mungkin bisa di temukan pada  Diabetes melitus adalah penyakit berbahaya

0 komentar:

Posting Komentar