Senin, 06 Juli 2015

Pengobatan tb paru pada anak



Tuberkulosis atau yang di singkat TB tidak hanya dapat menyerang orang dewasa, baik pria maupun pada wanita dapat terinfeksi oleh penyakit TB ini bahkan juga pada wanita yang sedang hamil. Pada tahun 1993 organisasi kesehatan dunia (WHO) mengumumkan TB adalah sangat berbahaya. Menurut WHO adalah penyakit yang bisa menyerang secara mendadak. yang perlu anda waspadai TB juga rentan menjangkiti anak-anak.

Pengobatan Tuberkolosis(TB) paru pada anak oleh dokter
Pengobatan Tuberkolosis(TB) paru pada anak
Bagaimana cara penanganan dan pengobatan TB paru pada anak? apakah berbeda dengan orang dewasa? Pengobatan tuberkolosis((TB) paru pada anak sebenarnya sama saja dengan orang dewasa. Fase yang harus di lalui pengobatan TB pada anak biasanya terdiri atas fase intensif dan di teruskan dengan fase lanjutan. adapun tujuan dari pengobatan TB fase intensif adalah memusnahkan bakteri TB dalam jumlah yang banyak. pada fase intensif obat-obatan yang di gunakan sebagian juga menggunakan obat yang di gunakan pada fase lanjutan untuk mematikan bakteri aktif yang masih ada.
Agar berhasil dalam pengobatan TB paru pada anak banyak faktor yang menentukan di antaranya adalah:
1. Pengobatan TB paru harus cepat di lakukan
2. Obat TB paru yang berkualitas harus terus tersedia
3. Harus ada diagnosa yang tepat agar obat yang di gunakan adalah sesuai dengan yang di butuhkan
4. Dalam menentukan dosis obat TB paru haruslah di sesuaikan dengan berat badan anak yang terinfeksi
Rekomendasi obat tuberkolosis(TB) menurut WHO adalah strptomisin, isoniazid, etambutol, pirazinamid, rifampisin
Etambutol menurut WHO masuk dalam kategori aman untuk di gunakan pada anak-anak, akan tetapi streptomisin sebaiknya di gunakan pada jika hanya dalam keadaan mendesak(sebaiknya di hindari). efek samping penggunaan obat anti TB paru adalah kemungkinan berkembangnya hepatotoksisitas yang di sebabkan penggunakan obat-obat anti TB paru.
Kesulitan yang terjadi dalam pengobatan TB paru pada anak adalah ketika si anak tidak mau makan obat dalam jumlah yang banyak. padahal tiap hari obat-obatan itu harus rutin di berikan. jadi sebagai orang tua haruslah pandai untuk membujuk anak-anak agar mereka menyadari pentingnya mengobati penyakit. Setiap anak-anak yang dalam masa pengobatan TB paru haruslah selalu rutin menimbang badan anak setiap bulannya untuk menentukan dosis obat yang di berikan. setiap perubahan berat badan anak makan dosis pengobatan haruslah segera di ubah. Anak-anak yang memiliki berat badan lebih dari tiga puluh kilogram pengobatannya sesuai dengan dosis pengobatan orang dewasa. Untuk pengobatan TB paru pada anak lebih bijak rasanya jika anda memeriksakan ke dokter spesialis yang dapat mendiagnosa langkah yang harus di ambil dalam pengobatan dan juga memberikan resep obat dokter khusus tuberkolosis(TB). anda bisa membaca Penyakit tuberkolosis(TB) dan Makanan pencegah dan mengobati untuk pengetahuan mengobati penyakit TB yang lebih mendalam.

0 komentar:

Posting Komentar