Senin, 27 Juli 2015

Penyebab kanker saluran empedu



Para ahli medis dan ilmuan banyak yang telah melakukan serangkaian peneletian apakah yang menjadi penyebab kanker saluran empedu. Secara pastinya memang tidak dapat diketahui sampai sekarang akan tetapi dari berbagai diagnosa dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa penyebab kanker saluran empedu memiliki faktor resiko terjadinya iritasi yang memiliki hubungan erat dengan batu saluran empedu, parasit dan faktor yang tidak diketahui.
Penyebab kanker saluran empedu

Peradangan yang terjadi pada saluran empedu dapat menjadi penyebab perubahan tertentu dalam DNA sel, sehingga pertumbuhan sel-sel menjadi tidak normal yang akhirnya membentuk sel-sel kanker.

Seperti yang kita ketahui DNA adalah bagian penting yang mempengaruhi gen  tubuh kita untuk memberikan petunjuk bagaimana sel-sel tubuh berfungsi

Pada gen-gen tertentu dapat mengontrol pertumbuhan sel-sel tubuh, membuat sel-sel baru, dan regenarasi sel-sel yang telah mati. Gen yang berperan penting membantu perkembangan sel, membagi dan selalu hidup disebut onkogen.

Gen-gen yang berfungsi memperlambat pembelahan sel atau menjadi penyebab sel-sel mati pada waktu yang telah ditentukan biasanya disebut dengan gen supresor tumpr kanker dapat pula disebabkan oleh adanya perubahan pada DNA tubuh manusia yang mengaktifkan enkogen atau berperan serta mematikan gen supresor tumor. Perubahan pada beberapa gen yang berbeda biasanya di perlukan untuk menjadi sel kanker.

Seperti yang dijelaskan diatas faktor resiko yang menjadi penyebab kanker berbeda-beda setiap orangnya. Kebiasaan hidup yang tidak sehat(buruk) seperti merokok sebaiknya dihindari. Orang yang mempunyai penyakit peradangan pada saluran empedu memiliki kemungkinan yang tinggi untuk terserah kanker saluran empedu.

Kerusakan pada organ hati juga dapat menjadi penyebabnya.
Radang usus besar yang kita kenal dengan nama kolitis ulserativa, Kista choledochal, infeksi cacing hati, penyakit hati polikistik, sindrom caroli pernyakit radang usus,kelebihan berat badan(obesitas),adanya faktor keturunan adalah diantara yang menjadi penyebab penyakit saluran kandung empedu

Mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang terutama pada ikan yang telah terinfeksi cacing parasit kecil merupakan faktor lainnya karena cacing ini dapat bertahan hidup pada saluran empedu. Yang harus anda hindari adalah mengkonsumsi minuman keras (alkohol) yang dapat mengakibatkan kanker saluran empedu intrahepatik.anda dapat membaca ciri-ciri dan gejala kanker saluran empedu

0 komentar:

Posting Komentar