Selasa, 18 Agustus 2015

16 Manfaat buah kundur untuk kesehatan dan kesuburan



Buah kundur yang bernama latin benincasa hispida  dikenal dengan berbagai nama di berbagai tempat dan daerah, misalnya buah maja, beligo, baligo, blonceng, labu musim dingin, labu putih, labu melon, labu cina, labu musim dingin. Kemungkinan orang mengaitkannya dengan buah melon karena memang ada kemiripan. Selain di jadikan masakan sayur, dapat juga di makan mentah atau dibuat minuman dingin, rasanya nikmat dan segar asal diolah dengan baik.

Buah kundur bermanfaat untuk kesuburan dan kehamilan juga menjaga kesehatan
Berdasar penelitian farmakologi tanaman buah kundur memiliki kandungan yang bermanfaat baik untuk kesehatan yaitu untuk meredakan ketegangan syaraf antidepresan, antidiabetes, antiinflamasi, antioksidan tinggi, penahan sakit/pereda nyeri (analgesik) dan juga efek antimikroba. Kandungan utama pada buah adalah minyak yaitu glikosida dan flavonoid. Memiliki zat aktif dan nutrisi asam uronic, karoten, mineral, protein dan berbagai macam vitamin. Selain untuk kesehatan manfaat lain buah kundur yaitu untuk pengobatan berbagai penyakit  serius. 

Manfaat buah kundur


  1. Meningkatkan kesuburan kandungan wanita
  2. Penyakit kuning
  3. Mengatasi gangguan menstruasi
  4. Sebagai obat pencuci perut (pencahar)
  5. Berkhasiat untuk membantu kelancaran persalinan pada ibu hamil
  6. Gangguan pada saluran pencernaan
  7. Sebagai makanan herbal yang baik untuk menyuburkan sperma pria
  8. makanan yang baik untuk melancarkan dan penambah Air susu ibu (asi) bagi wanita yang baru habis melahirkan
  9. Penyakit lemah jantung
  10. Bermanfaat sebagai makanan harian sebagai obat menambah darah
  11. Menyembuhan demam panas
  12. Dapat mengembalikan keperawanan wanita sangat cocok bagi yang sudah lama berumah tangga agar keharmonisan terjaga, tetap langgeng karena berkhasiat untuk menambat rapet organ intim.
  13. Sebagai obat penyakit saluran perkencingan/batu urin
  14. Sebagai suplemen yang dapat mengembalikan tenaga agar tetap kuat
  15. Diabetes melitus
  16. Mengatasi gangguan pernapasan seperti asma

Cara pengolahan

Untuk pemakaian sehari-hari dapat dijadikan buah pengganti yang biasa kita makan, bisa dijadikan salah satu campuran sayuran untuk masakan. Atau anda dapat membeli ekstrak yang sudah jadi jika tidak mau repot mengolahnya, karena bagian yang terpenting dari buah kundur adalah ektrak dan tentu saja dengan cara biasa sangat sulit dilakukan selain menggunakan teknologi pabrik farmasi.
Walau bagaimanapun pemakaian obat herbal maupun tradisional tidak dapat menyembuhkan dalam waktu yang singkat. Tergantung jenis penyakit dan berapa lama penyakit itu ada. Terkadang tanpa kita sadari tubuh kita yang terlihat sehat tanpa disangkan ternyata menyimpan penyakit kronis. Anda harus menghubungi dokter untuk memastikannya.

Jika anda mengalami sakit seperti yang tertera di atas anda dapat memanfaatkan buah kundur yang terlah terbukti secara medis dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan memelihara kesehatan. Akan lebih mencegah penyakit datang daripada mengobatinya, selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, penyakit bila sudah kronis membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

Ibu hamil jika mengalami air susu ibu (asi) tidak lancar, sebaiknya menanyakan ke pada bidan atau dokter kandungan apakah aman untuk makan buah kundur, karena mereka lebih tahu apakah anda memiliki sensitifitas terhadap buah kundur. Bagi wanita yang  sudah jika ingin tetap prima di hadapan suami dapat memanfaatkan khasiat dari buah kundur karena salah satu faktor penting keharmonisan rumah tangga adalah menjaga kualitas hubungan seksual salah satunya dengan cara mengembalikan keperawanan seperti saat baru pertama menikah.

0 komentar:

Posting Komentar