Sabtu, 08 Agustus 2015

7 Daerah sakit perut yang berbahaya



Sakit perut sebenarnya adalah penyakit biasa yang pernah di alami siapa saja. Tak perduli tua dan muda pasti pernah merasakannya. Untuk nyeri pada perut biasa seperti akibat diare atau salah makan tidak perlu di khawatirkan. Akan tetapi jika rasa nyeri itu adalah pertanda penyakit yang serius kita harus waspada karena jika di tidak cepat di tangani akan bertambah parah dan menyebabkan komplikasi penyakit. 

Ada beberapa penyebab sakit perut diantaranya sembelit, radang lambung, saluran kemih, gastroenteritis, iritasi usus. Dan selebihnya penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Untuk nyeri perut yang sudah parah penyebabnya bisa di akibatkan karena radang usus buntu atau divertikulitis. Pada orang tua biasanya mesenterika iskemia dan perut aneurisma aorta. 

Sakit perut sebelah berdasarkan lokasi

Sakit perut yang sudah parah (akut) inilah yang di takutkan semua orang, bahkan pengobatannya harus dengan operasi. Ciri-ciri yang sering terjadi adalah demam, wajah pucat, sering mual dan muntah. Anda bisa menganalisa sendiri caranya yaitu dengan mengetahui sebelah mana sakit perutitu kita rasakan.Berdasarkan lokasi rasa nyerinya sakit perut dapat di kategorikan sebagai berikut:

Nyeri perut bagian atas tengah biasanya di sebabkan oleh perut gastritis, ulkus lambung, kanker perut), nyeri pankreas (pankreatitis atau kanker pankreas, dapat menyebar ke sisi kiri pinggang, punggung, dan bahkan bahu), ulkus duodenum, diverticulitis, ppendisitis(usus buntu)   

Nyeri perut kanan atas disebabkan oleh penyakit Hati, hepatitis, atau disebabkan oleh kanker hati, kandung empedu dan saluran empedu (batu empedu, radang, cacing gelang), nyeri usus (di bawah area hati - obstruksi usus, gangguan fungsional, akumulasi gas, kejang, radang, kanker usus besar)

Nyeri perut bagian atas kiri penyebabnya nyeri limpa (splenomegali), Pankreas, nyeri usus (di bawah area limpa - obstruksi usus, gangguan fungsional, akumulasi gas, kejang, radang, kanker usus besar)

Sakit perut Tengah (nyeri di daerah sekitar pusar) penyebab  Apendisitis (dimulai di sini),  Nyeri usus kecil (peradangan, kejang usus, gangguan fungsional)

Nyeri perut bagian bawah (diare, radang usus dan disentri)

Nyeri perut kanan bawah penyebabnya Sekum (intususepsi, obstruksi usus), Titik Lampiran (Appendicitis lokasi)

Nyeri perut kiri bawah, Kolon sigmoid (polip), volvulus sigmoid, obstruksi atau gas akumulasi),  Nyeri panggul, kandung kemih (sistitis, mungkin sekunder untuk divertikulum dan kandung kemih batu, kanker kandung kemih), nyeri pada wanita (rahim, ovarium, saluran tuba), Sakit pinggang kanan dan nyeri punggung, nyeri hati (hepatomegali), sakit ginjal kanan (lokasinya di bawah area nyeri hati), sakitpinggang kiri dan sakit punggung, kurang sakit limpa, sakit ginjal kiri, sakit ginjal (batu ginjal, kanker ginjal, hidronefrosis), Ureter sakit batu

Dengan penyebab diatas anda dapat menyimpulkan area sakit daerah mana yang anda alami sehingga dapat mendiagnosa sendiri gejala penyakitapa yang menyebabkan perut anda terasa sakit. Pemeriksaan ke dokter sangat di perlukan untuk mengetahui secara pasti.
Sumber wikipedia.

0 komentar:

Posting Komentar