Selasa, 18 Agustus 2015

Buah bintaro pengusir tikus penyebab tipes



Buah bintaro yang memiliki nama latin Cerbera manghas adalah tumbuhan yang berbentuk pohon cemara dengan tinggi sekitar 12 meter. Memiiki ciri-ciri warna hijau gelap dan mengkilap berbentuk bulat telur. Bunganya sangat, pohonnya banyak ditemukan di peseisir pantai dari jauh terlihat seperti pohon bakau. Bagi penduduk di daerah tropis tumbuhan ini di jadikan tanaman hiasan untuk mempercantik halaman rumah.

Akan tetapi dibalik harumnya daun bintaro ternyata pada buah dan daunya menyimpan racun yang sangat mematikan. Kandungan pada buah bintaro yang disebut cerberin inilah sebagai racun jahat yang dapat menghambat ion kalsium pada organ jantung manusia. Jadi jika anda menemukan buah ini jangan sampai memakannya karena sangat berbahaya dapat menyebabkan kematian.

Tikus adalah salah pembawa bakteri Salmonella typhi yaitu bakteri yang dapat membuat manusia terserang penyakit tipes(tipus). Bakteri ini hidup di tempat yang kotor dan genangan air.  sebenarnya tikus bukan satu-satunya hewan yang dapat membawa bakteri ini, lalat dan juga kecoa juga dapat menjadi media penghantar berkembang bakteri Salmonella typhi. 

Banyak penyakit lain yang dibawa oleh tikus, diantaranya murine typhus yaitu bakteri yang ada pada kutu pada badan tikus bisa menjangkiti manusia melalui luka atau gigitan. Hantavirus juga penyebabnya adalah tikus , hebatnya kita bisa tertular hanya dengan kotoran, air ludah dari tikus bisa lewat makanan atau minuman yang akan kita makan. Sangat berbahaya bukan?  Tentu kita tidak akan membiarkan hewan ini mengancam hidup keluarga dirumah termasuk anak-anak yang mudah terserang tipes.

Bagaimana cara menggunakan buah bintaro untuk mengusir tikus?

Tikus adalah hewan yang memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Dari kejauhan tikus dapat membedakan makanan atau benda yang aman untuk dirinya. Termasuk racun yang dikandung oleh buah bintaro. Tikus akan menjauhi hal-hal yang membahayakan dirinya, jangankan racun mendengar gerakan sedikit gerakan suara saja kerumunan tikus akan bubar menghilangkan diri. Anda dapat meletakkan buah bintaro ketempat yang menjadi sarang tikus. Bisa digantung atau di taroh ke tempat khusus agar tidak mudah di jangkau oleh orang lain termasuk anak kecil.  Anda dapat membuat sendiri tempat, bisa saja dengan bekas perangkap tikus yang tidak anda pakai lagi.

Yang kita butuhkan dari buah  ini adalah baunya bisa keluar, jadi semaksimal mungkin tenpat meletakkan buah bintaro tadi tidak mudah di temukan anak anda dan tidak ada air yang dapat menembusnya/mengalirinya untuk menghindarkan racun berinteraksi dengan dunia luar. Anda dapat membungkusnya dengan plastik yang tebal dan di beri sedikit lubang,  jika tikus masih tetap bertahan tambahi lubang lagi sampai penciuman tikus dapat menjangkaunya.  dengan cara ini kita dapat membasminya keluar jauh dari rumah.

Sebenarnya manfaat lain dari buah bintaro selain sebagai pengusir tikus juga dapat dimanfaatkan untuk deodoran. Karena ekstrak metanol yang terdapat pada buah bintaro menjadi salah salah satu bahan baku industri kosmetik dan kecantikan.  (Triclosan & Farnesol) adalah bahan baku yang biasa dipakai untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan bahwa  khasiat anti-bakteri dari ekstrak metanol dari biji buah bintaro juga dapat  membasmi bakteri pada permukaan bulit terutama di daerah yang berkeringat seperti ketiak.

Semoga dari artikel buah bintaro pengusir tikus penyebab tipes ini anda dapat menemukan ide baru untuk membuat membasmi hewan pengerat ini sampai mereka kabur dari rumah. Buah bintaro sangat mudah didapatkan dan harganya cukup murah, daripada membeli alat pengusir tikus yang harganya mahal. anda dapat membelinya hanya Rp. 8.000  itupun bisa dipakai selama 2 bulan daripada membeli racun tikus yang ujungnya mati dirumah dan bekas bangkainya dapat menyebarkan penyakit dan bau. bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati.

0 komentar:

Posting Komentar