Kamis, 06 Agustus 2015

Buah yang baik untuk ibu hamil

Dalam masa kehamilan sang ibu wajib mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan janin atau jabang bayi. Manfaat buah untuk kesehatan dan kecantikan memang terbukti dapat membantu menjaga tubuh anda tetap fit. Dalam keadaan hamil bayi yang terdapat di dalam rahim haruslah di lindungi dengan cara memilih makanan yang tidak membahayakan kandungan. Berikut adalah daftar buah yang harus anda konsumsi untuk menyehatkan kandungan.
Buah yang baik untuk ibu hamil dan pantangannya

1. Jeruk

Buah jeruk kayak akan vitamin dan juga nutrisi. Terkadang rasanya masam, anda bisa memilih rasa jeruk yang manis sesuai dengan selera. Daerah penghasil jeruk manis di indonesia salah satunya berada di kalimantan barat. Jeruk yang manis daerah kalbar orang biasa menyebutnya jeruk pontianak atau jeruk sambas. Selain itu dapat mengurangi pusing jika bangun pagi di saat hamil dan juga mual-mual dan gejalanya seperti ingin muntah dapat di atasi dengan buah jeruk(limau).

2.  Buah pisang

Biasang pisang di pakai untuk orang yang lagi diet karena memiliki serat yang tinggi.  Kegunaan buah pisang untuk ibu hamil yaitu dapat menghilangkan penyakit sembelit yang biasa dirasakan dalam masa kehamilan.

3. Buah mangga

Kandungan vitamin C dan vitamin A pada buah mangga dapat membantu proses pencernaan. Jika anda ingin mangga yang tidak asam dan enak bisa mencari mangga probolinggo dan indramayu. Daerah ini terkenal sebagai penghasil mangga yang bagus. Mencarinya juga tidak sulit karena indonesia adalah negara ke 7 penghasil buah mangga terbanyak di dunia.

4. Golongan buah berry

Buah berry banyak sekali golongannya mungkin ada 10. Tapi yang biasa kita temui adalah stroberi dan blueberi.  Manfaatnya buah ini apa sih?  Seperti ekstract buah manggis. Buah golongan berry kaya akan antioksidan dan khaiatnya luar biasa. Dapat menangkal radikal bebas yang baik untuk ibu hamil. Buah stroberi ini dapat digunakan untuk diet yang aman selama masa kehamilan.

5. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan yang baik karena kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk menstabilkan metabolisme tubuh sang ibu.  Selain itu buah anggur juga terdapat kandungan zat lainya seperti natrium, folat, magnesium, fosfor dan kalium.  Banyak sekali bukan?

6. Buah lemon
Masih banyak lho orang yang belum bisa membedakan antara buah lemon dan jeruk. <!– adsense –>
>
Kalau untuk jeruk di berbagai daerah di indonesia orang biasa menyebutnya dengan limau. Golongan jeruk termasuk juga buah jeruk nipis yang rasanya asam. Kalau lemon umumnya kulit berwarna kuning.  Ibu yang sedang hamil biasanya merasakan mual, kepala pusing ketika pada pagi hari.  Dengan memakan lemon rasa mual mual dan pusing tadi akan hilang, selain itu lemon bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan.

7. Apel

Apel mengandung banyak vitamin yang baik untuk ibu hamil, biasanya sering juga di pakai untuk diet di saat hamil.tentunya dengan makan selain baik untuk tubuh juga badan tetap langsing.

8. Buah leci

Rasa buah leci mungkin sudah familiar di lidah karena biasa kita temui dalam berbagai merk sirup. Pada bulan puasa sudah biasa di sajikan untuk menu minuman berbuka puasa.

Selain buah yang baik untuk ibu hamil tentunya ada juga buah yang dapat membahaya kandungan.  Ibu hamil wajib menghindarinya. Buah apakah itu? Pantangan buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Sebenarnya tidak semua pepaya berbahaya bagi janin. Jenis pepaya yang wajib di hindari selama masa kehamilan adalah pepaya yang masih belum masak,mentah/belum matang. Pepaya mentah mengandung zat lateks yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Ada juga yang menganjurkan untuk memakan pepaya yang sudah masak/matang akan karena kandungan papain yang  baik untuk melancar pencernaan. Tapi belum di ketahui secara pasti apakah benar-benar aman. Lebih baik jika anda sedang hamil pantang untuk makan pepaya.

Makan buah nenas selama kehamilan bolehkah? Berbahaya atau tidak? Banyak dari ibu hamil akan pantang makan buah nenas. Alasan yang sering kita dengar adalah karena takut mengalami keguguran.

Mitos atau fakta? Buah nenas mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Bromelain adalah jenis enzim proteolitik yang terdapat pada nenas yang dapat membantu  melembutkan leher rahim yang  menghilang rasa lelah, tetapi harus di makan dalam jumlah yang banyak. Nenas bermanfaat sebagai anti inflamasi,  melancarkan pencernaan.

Mitos dan fakta tentang buah nenas

Buah nenas di percaya dapat menggugurkan kandungan karena adanya bromelain yang dapat memecah protein.  Dengan anggapan bahwa bayi terdiri dari protein sehingga bromelain dianggap menjadi penyebab pendarahan. Tentu saja ini adalah mitos, seperti di jelaskan di atas bromelain justru dapat bermanfaat untuk masa kehamilan. Faktanya makan buah nenas baik untuk ibu hamil.

0 komentar:

Posting Komentar