Senin, 10 Agustus 2015

Cara mengobati sakit perut melilit kembung dan mencret

Sekecil apapun masalah kesehatan tetap harus kita jaga, terkadang tanpa diduga saat kita makan sesuatu serasa ingin muntah karena ada rasa mual yang ingin mendorong isi perut keluar. Hal yang lumrah kita lakukan adalah mengetuk-ngetuk perut untuk memastikan apakah ada angin dalam perut. Jika bunyinya berbeda langsung kita mengatakan perut kembung.
sakit perut melilit datang tidak bisa dipastikan, terkadang hilang dan timbul begitu saja tanpa kita inginkan. Kondisi perut kembung membuat kita tidak nyaman karena perut seperti terisi penuh dengan angin.  Gejala yang biasa dialami yaitu perut keras terasa kenyang, napas sesak diiringi dengan buang angin (kentut) dan bersendawa. 
Disaat perut kita kembung angin yang berada didalam perut menimbulkan bunyi terkadang membuat rasa malu jika berada ditempat umum karena orang lain ikut mendengarkan konser perut.
Sakit perut melilit kembung muntah dan mual
Apa yang menyebabkan perut kita kembung? Banyak faktor yang diantaranya adalah:
1. Banyak angin yang masuk baik itu melalui mulut dan juga hidung
2. Makan terburu-buru
3. Menstruasi
4. Alergi minum susu tertentu
5. Berkembangnya bakteri yang berada pada usus kecil
6. Sindrom iritasi usus besar
7 Gangguan pada saluran pencernaan
8. Badan terlalu gemuk

Kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari sering dilakukan bisa mengakibatkan perut kembung misalnya:
1. Minum menggunakan sedotan, masuknya angin melalui sedotan juga berperan membuat kita banyak angin walaupun minum pakai sedotan berguna untuk mencegah gigi yang rusak karena minum es.
2. Minum air yang bergas/soda
3. Makan sayuran yang terkandung gas sperti kacang kering dan sayur kubis.
4. Makan permen karet juga ikut membantu angin masuk
Sakit perut melilit ini biasanya disertai dengan diare ketika buang air besar kotoran(tinja) berlendir membuat kita sering keluar masuk wc memang sangat merepotkan jika tidak cepat diatasi. Yang harus diwaspadai jika gejalanya sudah mengkhawatirkan seperti pada saat buang air besar tahi (tinja) terdapat lendir, darah dan makanan yang kita makan tetap utuh/tidak hancur. Terkadang sakit perut ini membuat tubuh panas (demam)
Diare disebabkan oleh virus pada usus, untuk pengobatan anda dapat minum oralit dan minum banyak air putih. Cara tersebut cukup membantu untuk mencegah tubuh kekurangan cairan.

Mengobati sakit perut melilit mencret dan kembung secara alami
1.  Jika tenggorokan anda sakit karena  perut mual dan muntah segera siapkan secangkir air hangat yang telah dicampur dengan 1 sendok teh garam dapur.hal ini cukup membantu menghilangkan sakit pada tenggorokan.
2. Ambil 1 sendok teh baking soda dilarutkan dalam segelas air hangat, reaksinya cukup cepat untuk menghilangkan mulas karena gangguan pencernaan. Kenapa bisa ampuh? Karena kandungan yang terdapat pada obat maagjuga dimiliki baking soda.
3. Minum air jahe tanpa gula dapat mengobati sakit perut sembelit karena terdapat kandungan anti inflamasi yang membantu pencernaan.  manfaat lainnya, jahe dapat membantu proses pencernaan dan juga meringankan nyeri pada  perut.
3. Daun pepermint yang dingin juga dapat meringankan nyeri pada perut dan bisa juga anda gunakan saat mengalami nyeri saat haid.
4. Bunga chamomile dapat mengobati sakit perut, radang pada usus,. Biasanya juga di buat teh herbal.  sakit perut yang meradang juga dapat disembuhkan dengan bunga chamomile. Bahkan jika anda sulit untuk tidur baik karena insomnia atau karena sembeli pada perut yang tidak tertahankan. Bunga chamomile ini dapat anda jadikan sebagai obat tidur.
5. Adas, mungkin anda tahu yang namanya minyak telon yang biasa di pakai untuk mengolesi perut bayi dan anak yang kembung. Salah satu bahan terpentingnya ternyata adas yang biasa kita temukan di dapur. cara memakainya tinggal anda kunyah sampai halus dan telan tanpa perlu dimasak untuk melancarkan saluran pencernaan atau perut kembung.

Akan tetapi jika sakit perut sembelit masih saja terjadi lebih baik anda menghubungi dokter untuk mengetahui secara pasti sakit perutapa yang sedang anda alami.

0 komentar:

Posting Komentar