Sabtu, 15 Agustus 2015

Cara menyembuhkan mata minus tanpa kacamata



Pengertian dan definisi

Mata minus (Miopia) dalam bahasa yunani kuno adalah tahi lalat, pengertiannya adalah suatu kondisi mata dimana cahaya yang datang ke retina mata tidak terfokus langsung pada retina, tetapi hanya sampai di depannya, sehingga menyebabkan objek yang berada pada jarak jauh menjadi kabur (tidak fokus), akan tetapi jika benda yang dilihat tersebut didekati maka akan semakin jelas. istilah lain adalah rabun jauh yaitu kondisi dimana mata sulit melihat objek yang jaraknya jauh.

Fungsi mata mirip dengan cara kerja kamera. Ketika cahaya masuk ke mata, melewati kornea  dan kemudian diproses ke lensa. Lensa tikungan sinar cahaya untuk fokus objek ke retina lapisan bagian belakang mata. Dari sana, gambar melewati sel retina, ke saraf optik, dan bagian belakang otak mengolah hasil tadi menjadi gambar objek yang kita lihat.

Pemeriksaan mata minus menggunakan alat optik kedokteran

Untuk mengatasi mata minus rabun dekat adalah menggunakan kacamata minus atau lensa kontak bahkan dengan cara operasi mata yang disebut operasi bias. Tentunya operasi pada mata memiliki efek samping. Satuan Ukuran mata minus rabun dekat adalah dioptri, makanya sering kita dengar orang menyebut minus berapa. tinggi rendahnya pada rentang -6 dioptri atau lebih rendah lagi.

Faktor yang menjadi penyebab mata minus

Keturunan

gen pleiotropic (s) mempengaruhi ukuran otak dan bentuk mata secara bersamaan. Walau belum di buktikan secara pasti tetapi memang yang sering kita lihat apabila orangtuanya berkacamata maka anaknya juga ikut berkacamata, walau hal itu terkadang menyimpang ada juga yang memiliki keturunan tapi tidak memiliki mata minus. gejala awal mata minus terlihat pada anak yang suka mengernyitkan mata bila melihat sesuatu.

Kebiasaan membaca yang buruk

Sering kita melihat anak yang cerdas umumnya berkacamata.mengapa itu bisa terjadi? Anak yang cerdas sangat erat kaitannya dengan kebiasaan membaca. Pada saat membaca pekerjaan mata menjadi berat karena harus terfokus pada objek yang kecil. Disinilah pentingnya membatasi waktu membaca pada setiap orang dengan memberikan jeda untuk mata beristirahat. baca juga penyebab mata minus bertambah

Kurangnya rangangan secara visual

Harus di akui manusia modern sekarang ini lebih sering berada di dalam ruangan dibandingkan di luar, kurangnya aktifitas di dunia luar menyebabkan lintasan pertumbuhan yang tidak tepat dari bola mata. Survey membuktikan bahwa anak yang sering beraktifitas di luar ruangan cenderung aman dari mata minus.

Pencegahan

Sampai saat ini belum ada metode yang tepat untuk mencegah mata minus, kacamata dan lensa kontak hanya dapat membantu mata untuk melihat secara fokus benda dengan lebih baik. Bukan untuk mengurangi minus pada mata. Tanpa kacamata tentu saja susah untuk melihat objek yang ingin kita lihat. pada pemeriksaan mata baik itu ke toko optik maupun dokter mata, sering kita dengan penggunaan istilah mata silinder yang merujuk pada kekuatan lensa. mengenai harga kacamata, bervariasi ada yang murah dan ada yang mahal. yang membedakan tingkat harganya biasanya gagang dari kacamata.

Obat

Pemberian obat mata minus terutama di tujukan pada anak yang berusia 18 tahun dengan menggunakan obat topikal anti-muscarinic sangat membantu untuk mengurangi mata minus bertambah parah. Perawatan ini juga termasuk mata atropin tetes, mata cyclopentolate tetes, pirenzepine gel. Tentu saja cara ini tidak dengan tujuan menyembuhkan akan tetapi hanya untuk memperlambat memburuknya kondisi mata. Tentu saja cara ini telah terbukti efektif secara medis.
Dr Chua Weihan dan timnya di National Eye Centre Singapore telah melakukan studi skala besar pada efek dari atropin dari berbagai kekuatan dalam menstabilkan, dan dalam beberapa kasus, mengurangi minus pada mata. Obat tetes mata Pirenzepine memiliki efek terbatas untuk memperlambat perkembangan rabun.

Bagi orang yang yang memiliki mata minus tinggi, kacamata tentu sangat dibutuhkan untuk melihat secara lebih jelas, tapi tentu saja efek samping dari pemakaian kacamata tetap ada yaitu jika melihat objek yang jauh dari pusat pemisahan warna, pinggiran warna terlihat lebih kontras jika dilihat.
Bedah refraktif Bedah refraktif termasuk prosedur yang mengubah kelengkungan kornea atau yang menambahkan tambahan berarti bias dalam mata.

Obat alternatif

Seorang dokter mata Amerika yaitu William H. Bates yang menemukan penggunaan adrenalin untuk operasi mata. Menyebutkan sejumlah terapi alternatif termasuk latihan mata dan teknik relaksasi.  Akan tetapi khasiat dari praktek tersebut banyak di tentang oleh sejumlah ilmuan dan praktisi perawatan mata yang menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang jelas latihan mata dapat terbukti efekti untuk mengobati mata minus.

Prosentase jumlah penderita mata minus di dunia

Asia

Singapura memegang rekor penderita mata minus terbanyak yaitu sekitar 80% dari penduduk dinegara itu mata rabun dekat. Jadi jangan heran jika anda melihat orang singapura banyak yang berkacamata. Peringkat selanjutnya di pegang oleh cina yaitu sebesar 31%,  untuk negara Malaysia menunjukkan orang dewasa sekitar 31% mengalami mata minus. Dan yang mengejutkan ternyata negara india memiliki populasi yang rendah mata minus, hanya sekitar 7%.

Negara eropa dan amerika

Negara eropa khususnya inggris memiliki prosentase yang cukup besar yaitu sekitar 50% populasi pengguna kaca mata, negara eropa lainnya berkisar antara 50 sampai dengan 54%. Untuk negara amerika populasinya terus meningkat dari sebelumnya yaitu 25% menjadi 41%.

Mata katarak (Cataracts)

Katarak terjadi ketika ada penumpukan protein pada lensa yang membuatnya menimbulkan bercak noda pada mata sehingga menyebabkan terhalangnya cahaya untuk menuju lensa mata, bahkan ada yang sampai buta karenanya. Karena sel lensa baru terbentuk pada bagian luar lensa, semua sel yang lebih tua dipadatkan ke pusat lensa mengakibatkan katarak. Untuk katarak insyaallah akan saya bahas pada artikel selanjutnya. 

Pengobatan mata minus secara tradisional alami

Penggunaan obat herbal sedang marak sekarang ini dan banyak yang menyatakan dapat mengurangi dan bahkan dapat menyembuhkan mata minus. Pada artikel lain telah saya ulas menyembuhkannya dengan herbal india anda dapat membacanya. tentu saja fakta dan bukti secara medis belum diketahui secara pasti apakah obat mata minus herbal tersebut dapat menyembuhkannya.

0 komentar:

Posting Komentar