Jumat, 14 Agustus 2015

Ciri pria wanita mandul dan penyebabnya



Ciri pria dan wanita mandul dan penyebabnya

Tahukah anda sekitar 31%  sampai 42% dari penyebab kemandulan adalah dari laki-laki. sulit hamil memiliki banyak faktor, diantaranya fisik dan emosional. faktor lain bisa disebabkan karena kekurangan hormon , ejakulasi retrograde(Retrograde ejaculation), impotensi,  polusi lingkungan, mengalami penurunan jumlah sperma dan jaringan parut akibat penyakit menular seksual. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah sperma sehat adalah penggunaan obat resep dokter seperti cimetidine, spironolactone, dan nitrofurantoin,  pecandu narkoba jenis marijuana juga memiliki resiko besar untuk mandul, termasuk juga wanita yang merokok dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada ektopik fungsi tuba fallopi menjadi berkurang dalam memindahkan telur yang telah di buahi ke dalam rahim. info lengkap mengenai rokok penyebab wanita mandul dapat anda baca pada Kehamilan ektopik terganggu
Ciri wanita mandul dan pria beserta penyebabnya

Infertilitas primer adalah dikaitkan dengan pasangan yang tidak pernah bisa hamil, setelah minimal 1 tahun hubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Infertilitas sekunder menggambarkan pasangan yang sebelumnya telah hamil setidaknya sekali, tetapi belum mampu hamil kembali.  
Pada wanita kelainan sistem pengangkutan dari leher rahim melalui saluran tuba ,  40 - 50% penyebab kemandulan pada pasangan. jaringan parut karena penyakit menular seksual atau endometriosis, disfungsi ovulasi, gizi buruk, ketidakseimbangan hormon, kista ovarium, infeksi panggul, tumor. Sisanya 10 -30% dari kasus sulit hamil dapat disebabkan oleh faktor dari kedua pasangan.

Diperkirakan bahwa 10 - 20% dari pasangan akan dapat hamil setelah setahun berusaha untuk hamil. Kemungkinan untuk terjadi kehamilan adalah pada pasangan yang sehat yang berusia di bawah 30 tahun  dan memiliki hubungan secara teratur hanya 25 - 30% per bulan. Puncak kesuburan seorang wanita terjadi pada usia awal dua puluhan. Sebagai seorang wanita usia di atas 35 (dan terutama setelah usia 40), kemungkinan mendapatkan tetes hamil kurang dari sepuluh persen per bulan.

Penyebab dan faktor kemandulan sehingga sulit hamil


  • Usia
  • Masalah makan pada wanita
  • Siklus haid/menstruasianovulatori
  • Endometriosis
  • Cacat rahim (mioma) atau obstruksi serviks
  • Diabetes kronis
  • Perselingkuhan yang menjadi penyebab penyakit kelamin
  • Pernah mengalami penyakit radang panggul
  • orchitis atau epididimitis pada laki-laki
  • Mumps (pria)
  • Varikokel (pria) 

Ciri-ciri dan tanda-tanda kehamilan dapat diketahui dengan melakukan serangkaian tes yaitu:

Tes kemandulan pada wanita


  1. Tantangan progestin ketika seorang wanita memiliki sporadis atau tidak ada ovulasi.
  2. Mengukur jumlah hormon luteinizing di dalam urin dengan rumah-menggunakan kit untuk memprediksi ovulasi dan membantu dengan waktu hubungan seksual
  3. Hysterosalpingography (HSG) - prosedur x-ray dilakukan dengan pewarna kontras yang terlihat pada rute dari sperma dari serviks melalui rahim dan saluran tuba.
  4. Serum hormonal (tes darah) untuk salah satu atau kedua pasangan.
  5. Laparoskopi untuk memungkinkan visualisasi langsung dari rongga panggul.
  6. Pemeriksaan panggul untuk wanita untuk menentukan apakah ada kista
  7. Pengujian postcoital (PCT) untuk mengevaluasi interaksi lendir sperma-serviks melalui analisis lendir serviks yang dikumpulkan 2 sampai 8 jam setelah pasangan memiliki hubungan seksual
  8. Mengukur suhu tubuh basal - mengambil suhu wanita setiap pagi sebelum timbul dalam upaya untuk mencatat 0,4-1,0 derajat Fahrenheit kenaikan suhu yang berhubungan dengan ovulasi.
  9. Pemantauan perubahan lendir serviks selama siklus menstruasi untuk mencatat basah, elastis, dan licin lendir yang terkait dengan fase ovulasi.
  10. Biopsi wanita 'ini dinding rahim (endometrium).

Test kemandulan pada pria


  1. Analisis air mani - spesimen dikumpulkan setelah 2 sampai 3 hari secara lengkap untuk menentukan volume dan kekentalan semen dan jumlah sperma sehat, motilitas, kecepatan berenang, dan bentuknya.
  2. Pada pria biasanya dilakukan tes biopsi testis itupun sangat jarang dilakukan

Test pada kedua pasangan yaitu dengan mengukur progesteron serum (tes darah).
Dari serangkaian test tadi maka dapat diketahui secara lengkap analisa ciri-ciri, tanda kemandulan dan penyebabnya.

0 komentar:

Posting Komentar