Jumat, 14 Agustus 2015

Jagalah daya tahan tubuh anak dengan vitamin terbaik


Vitamin untuk daya tahan tubuh anak

Semua anak berusia 6  bulan sampai 5 tahun disarankan diberi suplemen, berupa vitamin tetes, yang mengandung vitamin A, C dan D. Pemberian vitamin dapat membantu daya tahan tubuh anak terhadap serangan penyakit seperti demam, batuk dan lainnya, juga dapat membantu perkembangan mereka. jadi jangan sampai anda manganggapnya sepele karena mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit.

Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anak

Manfaat vitamin dan sumbernya dari alam


VItamin A

Membantu pertumbuhan normal anak agar cepat besar, perbaikan jaringan dan tulang, mata, meningkatkan kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh anak terhadap penyakit, menjaga kulit tetap sehat. Sumber sayuran berwarna kuning agak orange seperti labu, wortel, ubi jalar. Berbahan susu seperti keju, susu, telur.

Vitamin B

Vitamin B memiliki banyak jenis diantaranya vitamn B12, B-B2, B3, B6 yang bermanfaat untuk kesehatan syaraf, menyeimbangkan metabolisme tubuh, melancarkan sistem predaran darah, menambah kekuatan. Sumbernya terdapat pada kacang kedelai, daging, keju, ayam, kacang-kacangan, telur dan ikan.

Vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit, membantu pengembangan otot dan jaringan ikat. sumbernya terdapat pada buah dan sayur misalnya sayuran kehijauan seperti brokoli, kiwi, jeruk, tomat, stroberi.

Vtitamin D

Bermanfaat untuk menolong tubuh untuk menyerap kalsium, mendorong pembentukan gigi dan tulang. Salah satu sumber terbaik tidak sulit dicari dan gratis yaitu sinar matahari. Produk susu seperti keju dan susu, minyak ikan. Semua bayi dan anak-anak berusia 6 bulan sampai dengan 5 tahun wajib diberikan suplemen harian yang mengandung vitamin D, dalam bentuk tetes vitamin. Ini membantu mereka untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk kelompok usia ini  7-8,5 mikrogram (mcg) vitamin D per hari.
Bayi yang diberi makan susu formula tidak perlu diberikan vitamin tetes jika mereka sudah diberi 500ml (sekitar 1/2 liter) susu formula atau lebih sehari. Hal ini karena susu formula sudah diperkaya dengan vitamin yang mereka butuhkan.Jika Anda sedang menyusui bayi disarankan  untuk memberikan Anda tetes vitamin bayi yang mengandung vitamin D ketika bayi berusia mulai dari 1 bulan.

Zat besi

Bermanfaat untuk membangun otot dan membentuk sel-sel darah merah yang sehat, zat besi ini sangat dibutuhkan terutama untuk anak perempuan yang baru saja dalam masa haid. Zat besi sangat dibutuhkan para remaja. Sumbernya bisa di dapatkan pada kacang-kacangan, daging sapi dan daging berwarna merah lainnya, bayam.

Kalsium

Bermanfaat untuk membentuk tulang yang kuat pada anak agar anak cepat tinggi besar. Bersumber pada tahu, jus jeruk, yogurt, keju dan susu.
Nutrisi terbaik adalah jika anda memberikan anak makanan yang di masak sendiri bukan didapat dari menu cepat saji seperti mie instan misalnya. Jika anak anda susah untuk makan anda bisa baca tips dari saya yaitu Cara mengatasi masalah makan pada anak

Tips memberikan vitamin untuk anak

Ada ada yang tidak mau makan vitamin, mereka seolah-olah menyamakan vitamin seperti obat yang mereka minum ketika sakit. Cobalah untuk memberikan vitamin kunyah jika anak Anda tidak akan mau yang berbentuk pil atau suplemen cair.  

Jauhkan dari jangkauan anak, simpan ketempat yang mereka tidak tidak bisa mengambilnya agar mereka tidak menggangap vitamin sama dengan permen yang biasa mereka makan.
Vitamin yang larut dalam lemak hanya dapat diserap dengan makanan. Disarankan memberikan vitamin pada anak setelah mereka makan. Dengan pemberian vitamin secara rutin dapat memperkuat daya tubuh mereka sehingga tidak gampang sakit. penyakit anak yang cukup sering seperti demam, batuk, flu dan pilek dapat dihindari. anda dapat membaca artikel cara Mengatasi anak kejang demam dan muntah.

Untuk pemberian suplemen multivitamin sebaiknya usia anak sudah berumur minimal 4 tahun, konsultasikan ke dokter untuk menanyakan vitamin terbaik untuk anak anda. terlalu banyak makan sejumlah vitamin dapat membahayakan. Jangan memberikan sekaligus 2 suplemen pada saat yang sama. Misalnya, tidak memberi mereka minyak ikan dan vitamin tetes, minyak ikan cod juga mengandung vitamin A dan D Anda harus memperhatikan dosis yang tepat seperti yang tertera pada label vitamin.

0 komentar:

Posting Komentar