Senin, 10 Agustus 2015

Makanan untuk diet cepat menurunkan berat badan

Apa yang ada dibenak anda jika membayangkan makan dengan menu masakan orang berdiet? saya bisa menebak pasti anda akan membayangkan makanan super tidak enak, hambar, tawar, tidak boleh makan ini dan itu, benarkan? Sebenarnya anda boleh menikmati semua makanan yang ada sukai. hanya saja, harus disesuaikan dengan keadaan. ubah cara penyajiannya dan atur kapan memakannya.

Mengatur menu makanan yang sehat bukan berarti dilarang ini atau dilarang itu. melainkan menyesuaikan kalori dan lemak yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. dengan diet dan makanan yang sehat anda akan mendapatkan hidup yang sehat.

makanan untuk diet cepat menurutkan berat badan

Buat siapa saja yang berbadan gemuk dan ingin kurus coba perhatikan kebiasaan makan anda sehari-hari. biasanya kaya akan lemak tanpa anda sadari atau sengaja. selain badan menjadi gemuk (obesitas) banyak penyakit serius bisa bermunculan akibat sering mengkonsumsi lemak. jadi membatasi lemak dalam makanan adalah prioritas utama makanan untuk diet yang sehat.

Ada 3 macam lemak yang terdapat dalam makanan

Lemak jenuh (saturated fat) mengandung banyak kolesterol, bisa menumpuk di dinding pembuluh darah, membuat pembuluh darah sempit dan tersumbat, dan mengakibatkan timbulnya penyakit jantung bahkan kematian.
Lemak tak jenuh rantai jamak (Polyunsaturated fat) dalam jumlah yang tidak berlebihan baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol.
Lemak tak jenuh rantai tunggal (Monounsaturated fat) juga menurunkan kolesterol dalam jumlah tertentu.

Cara ini yang jarang diperhatikan saat orang membuat menu makan sehari-hari padahal mereka sudah mencoba untuk berdiet dengan obat-obatan baik yang tradisional, herbal maupun obat medis tapi nyatanya banyak yang tidak berhasil
  1. Pilih minyak nabati, seperti minyak jagung atau makanan soya (kedelai) daripada minyak hewani.
  2. Baca label yang tertera paa minyak sayur (vegetable oil) pilih yang mengandung terutama lemak tak jenuh rantai tunggal atau jamak.
  3. Pakai margarin tak jenuh daripada butter
  4. Pilih daging kurus, daripada daging sosis atau daging kaleng.
  5. Buang lemak pada daging, dan pisahkan kulit yang ada pada ayam dan bebek.
  6. Banyak makan sayuran termasuk tahu dan kacang, daripada daging.
  7. Pilih susu rendah lemak (low fat) daripada susu full cream.
  8. Kurangi masak dengan cara menggoreng, lebik baik direbus, dibakar atau dipanggang.
  9. Batasi konsumsi makanan goreng yang kaya lemak hanya 2 kali perminggu.
  10. Hindari makanan dari babi, kambing, jeroan, atau yang mengandung banyak lemak.
  11. Jauhi kue yang banyak mengandung krim atau minyak carilah buah segar setiap hari.
  12. Jauhi masakan yang mengandung santan kelapa seperti kari dan rendang dan sebagainya.
Apakah anda seseorang dengan tipe tidak pernah kenyang, selalu lapar. apakah bisa berdiet tanpa tersiksa dan kelaparan. apa yang harus anda makan biar cepat kenyang? solusinya, yang anda harus makan adalah makanan yang kaya akan serat.

Makanan yang kaya akan serat biasanya didapat pada sayur, buah, padi-padian dan kacang-kacangan. makanan kaya serat penting untuk menurunkan berat badan, melancarkan buang air besar sehingga mencegah konstipasi dan wasir, serta mengurani resiko timbulnya kanker usus besar, penyakit jantung dan diabetes. satu hal lagi yang sangat penting untuk diketahui adalah jangan mengkonsumsi berbagai suplemen fiber tanpa anda tahu dengan apa kandungan sebenarnya untuk itu lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter.

Sayuran hijau
Sayuran hijau yang kita beli di pasar, seperti sawi dan bayam kaya akan serat, vitamin dan mineral. setiap kali kita akan harus ada minimal satu sayur. tetapi ingat cara masaknya jangan terlalu lama direbus atau mendidih karena akan merusak banyak vitamin pada sayur tersebut.

Nasi
Nasi adalah makanan pokok indonesia bahkan Asia. sangat disayangkan sekali banyak nasi yang kita konsumsi sudah berkurang seratnya dan kadar vitamin didalamnya. pengganti nasi bisa dengan mie dan roti atau beras merah. beras merah adalah yang terbaik kandungan seratnya sangat tinggi. bahkan binaragawan ade ray  makanan pengganti nasinya adalah beras merah. tidak perlu khawatir semuanya kaya akan karbohidrat.

Umbi-umbian
Termasuk dalam kelompok makanan ini adalah wortel, kentang, ubi dan ketela. makanan ini juga kaya serat dan mengenyangkan. perlu diketahui bahwa serat dan vitamin banyak terdapat pada kulitnya. sehingga ketika mengulitis, mengupas harus tipis dengan air mengalir bersih.

Biji-bijian dan kacang-kacangan
Banyak mengandung serat. contohnya adalah roti gandum, kacang merah, buncis dan arcis. baik sekali untuk dijadikan makanan pengganti.

Buah
Negara indonesia kaya akan buah. banyak buah lokal terutama yang berwarna orange atau kuning kaya akan serat, seperti pepaya, jeruk, pisang, jambu dan apel.

Banyak yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat dengan cara yang cepat. kebanyakan dari mereka akan gagal karena mencapai berat badan ideal butuh kesabaran dan ketekunan. ada pula yang membenci diet karena takut kelaparan. pengertian ini sangat keliru karena berdiet berarti mengubah komposisi makanan dan bukan mengurangi makan!!

Banyak yang hoby ngemil takut merasa tersiksa, karena jatah makan mereka berkurang.  anda tidak perlu takut lapar cukup menggantinya saja. coba sekarang anda bayangkan apa buah kesukaan anda. buat yang jago ngemil pasti punya buah favorit, benar bukan? snack yang anda makan seperti misalnya kentang goreng mengandung lebih dari pada 500 kalori per 100 gram.

coba bandingkan dengan buah yang hanya memiliki 35 kalori per 100 gram. perbandingannya 14 kali lipat lho. seandainya anda makan 1 kilogram buah, kalorinya masih kalah dengan 100 gram kentang goreng. apakah perut anda tidak kenyang makan setengah kilogram buah? selamat mengemil buah sampai kenyang.

Belajarlah untuk tidak menghabiskan makanan yang dihidangkan bila sudah merasa kenyang. makanlah secara perlahan. diperlukan sekitar 20 menit makanan di dalam perut memberikan sinyal sudah kenyang. jangan sayang atau takut pada sisa makanan yang tidak dihabiskan.

Cara mengukur berat badan ideal.
Body mass index (BMI) adalah salah satu cara mengetahui berat badan ideal anda. rumusnya adalah BMI = Berat badan / tinggi badan x tinggi badan.  contoh berat badan anda saat ini adalah 83 kilogram. dengan tinggi 170m.

cara menghitungnya seperti ini. pertama tama anda hitung perkalian tinggi badan yaitu 170. kita ambil angka depan 1 dan diberi koma 7. jadi 170 nilainya sama dengan 1,7.

1,7 x 1,7 didapatkan angka  2,89. angka 2,89 adalah nilai pembaginya. berat badan = 83/2,89 sama dengan   28,7. Body mass index (BMI) anda adalah 28,7.

Untuk orang asia BMI normal adalah 20-23, sedangkan menurut WHO  idealnya adalah 22-25.
Badan anda disebut kurus jika BMI di bawah 20
badan anda disebut ideal atau normal jika BMI 20-24,9
Badan anda disebut gemuk jika BMI 25-29,9
Berat anda disebut obesitas jika BMI diatas 30.
untuk contoh diatas berat badan ideal dengan tinggi 170 adalah 60 kilogram sampai dengan 72kg.

berikut jumlah berat makanan untuk disesuai dengan diet anda yaitu 50 kalori
40 gram 1 potong sedang ikan
40 gram 1 potong sedang ayam tanpa kulit
30 gram 1 potong sedang daging sapi yang kurus
30 gram 1 potong sedang daging kambing yang kurus
35 gram ikan kakap 1/2 ekor
35 gram  5 ekor sedang udang
50 gram 1 butir telur ayam
55 gram 1 butir telur bebek
120 gram 8 butir bakso
150 gram 3 sendok susu rendah lemak
100 gran 1/2 gelas yoghurt
30 gram 1 potong kecil keju
30 gram 2 potong sedang tempe
60 gram 2 potong sedang tahu
20 gram 2 sendok makan kacang hijau
20 gram 2 sendok makan kedelai
10 gram 1 setengah sendok makan kacang tanah
15 gram 1 setengah sendok makan kacang merah.

jika anda ingin masak menggunakan bumbu masak tumbuhan sebagai penyedap makanan. untuk minyak gunakan minyak nabati.
Tidak semua karbohidrat mempunyai kemampuan yang sama dalam menaikkan glukosa darah. hal ini tergantung seberapa cepat karbohidrat  dicerna menjadi gula. Glycemic index (GI) adalah ukuran kecepatan tubuh menyerap suatu karbohidrat dari makanan. jadi untuk berdiet tentunya anda memilih menu makan yang ber-GI rendah. makanan ber-GI rendah misalnya
  • roti gandum
  • cereal dari gandum
  • biskuit dari gandum atau buah
  • Cake dari buah atau gandum
  • buah yang dikupas tipis
  • jus buah dengan ampasnya 
  • apel
  • kentang segar
  • buncis, biji-bijian
  • beras basmati
  • kentang segar 
Dengan artikel makanan untuk diet diharapkan dapat cepat menurunkan berat badan anda,  semua itu tergantung anda.  harus anda pahami diet itu bukan untuk membuat anda menderita lapar tapi untuk membuat anda tetap kenyang dan tetap sehat.

0 komentar:

Posting Komentar