Selasa, 11 Agustus 2015

Mengatasi mabuk laut dengan obat dramamine



Tidak ada yang lebih nikmat saat  dalam perjalanan laut selain tidur, itu adalah ungkapan yang sering dilontarkan  orang yang mengalami mabuk laut ketika menggunakan kapal dalam perjalanan. saat mudik lebaran adalah saat yang tepat untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. bagi yang memiliki sanak saudara yang jauh tentu akan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi.

Banyak yang mengeluh mabuk laut ketika dalam perjalanan kapal laut yang memakan waktu lebih dari satu hari itu. Perut terasa mual, kepala pusing, terkadang sampai disertai dengan muntah, masuk angin dan sakit perut. Yang merepotkan tentunya ketika membawa anak kecil. Tidak mengherankan banyak anak kecil yang menangis didalam kapal dan sang ibu dengan terpaksa tetap bangun untuk mendiamkannya walau dengan kondisi mabuk laut. Biasanya yang dimakan adalah obat antimo, efek sampingnya mata menjadi mengantuk dan tetap saja mual perut, mabuk masih dirasakan.

Obat dramamine ampuh mengatasi mabuk laut

Setelah membaca judul artikel ini anda menanyakan dramamine itu obat apa?  Fungsi dari obat dramamine adalah untuk menghilang rasa mual perut dan menghilangkan kepala yang pusing akibat goyangan kapal. Dalam istilah medis sakit kepala itu disebut dengan vertigo yaitu adanya gerakan yang tidak semestinya dalam hal ini karena gelombang laut.

Walaupun memiliki efek samping mengantuk obat dramamine ini cukup ampuh untuk menghilangkan mual akibat mabuk laut, jadi anda dapat melakukan aktifitas seperti halnya dirumah tanpa ada gangguan kepala pusing sehingga maunya tidur terus. Mabuk laut ini tidak hanya di alami wanita akan tetapi pria yang belum terbiasa berada di laut juga akan merasakan efek mabuk gelombang laut.

Ketika anda pergi memancing mabuk laut adalah hal yang biasa terjadi. apalagi disaat perahu atau motor air anda dalam posisi berhenti. Buat orang yang sudah terbiasa diatas permukaan laut mungkin tidak masalah, berbeda halnya dengan orang yang belum terbiasa. Yang ada malah anda akan muntah dengan perut serasa melilit, mulas dan banyak yang jera untuk pergi memancing lagi.

Dosis untuk obat dramamine tergantung dengan usia pemakainya yaitu :
Untuk orang dewasa : 3 sampai 4 kali sehari 50-100 mg.
Anak 12 tahun  atau diatasnya :  2 atau 3 kali sehari 50 mg.
Anak 8 sampai 12 tahun : 2 atau 3 kali sehari 25-50 mg.
Anak 6 sampai dengan 8 tahun : 2 atau 3 kali sehari 12.5-25 mg.
Untuk mencegah mabuk laut obat dramamine disarankan dimakan setengah jam sebelum perjalan. Jadi anda harus memastikan jadwal kapal berangkat.

Kandungan yang terdapat pada dramamine adalah dimenhydrinate yang cukup aman untuk dipakai.  Bagi wanita dalam masa kehamilan juga aman dan tidak berbahaya untuk memakan obat dramanine asal sesuai dengan aturan pakai dengan dosis setengah tablet saja. Untuk diatas setengah tablet diharapkan berkonsultasi dengan dokter dulu.

Harga obat dramamine cukup murah sekitar 2000 rupiah. Walau mungkin berbeda harga di tiap daerah. Tapi obat ini sangat mudah dicari biasanya kita dapat membelinya di apotik. Efek samping dari obat ini adalah rasa mengantuk. Tapi tidak begitu kuat dibanding dengan obat anti mabuk lain.  

petua mabuk laut yang sering kita dengar adalah mengikat daun kangkung di pinggang, minum air laut agar tidak mabuk walau secara medis hal itu masih belum terbukti bisa disebut mitos. Jadi buat wanita, ibu hamil yang memiliki anak tidak perlu khawatir lagi karena untuk mengatasi mabuk laut cukup dengan obat dramamine.

0 komentar:

Posting Komentar