Minggu, 16 Agustus 2015

Penyebab gatal di selangkangan dan cara menghilangkanya



Apa yang menyebabkan selangkangan gatal?

Gatal di selangkangan disebabkan oleh jamur yang yang mungkin saja menginfeksi kulit terutama pada daerah yang lembab dan jarang terkena sinar matahari dan pada lipatan-lipatan tubuh. Area ini meliputi selangkangan, bokong, dan juga paha bagian dalam.

Banyak mitos yang mengatakan kurap atau gatal pada selangkangan adalah tanda pria beranjak remaja, bujang dan sebagainya. Tentu saja ini tidak benar. Perubahan hormon seringkali bisa menyebabkan semua itu akan tetapi itu tidak akan terjadi jika anak tersebut selalu menjaga kebersihannya terutama pada pakaian.

Jamur dapat tumbuh dan berkembang di mana saja terutama di daerah yang lembab di sekitar rumah. Bisa pada handuk, pakaian terutama yang berkeringat. Jadi untuk menghindari terkena jamur tadi jangan pernah bertukai pakai atau meminjam handuk/baju orang lain. Jika sudah terpaksa, pastikan handuk atau baju tersebut dalam keadaan bersih atau sebaiknya di jemur terlebih dahulu untuk menghindari terjangkit kurap tersebut.

Mengapa bisa gatal

Gatal di selangkangan (tinea cruris) adalah bentuk kurap. Kurap penyebabnya bukan karena luka. Tapi gatal yang di sebabkan oleh infeksi jamur pada lapisan terluar kulit. Jamur ini juga ada pada rambut, kuku dan di sekitar kita.  Kurap pada bagian kulit selalu muncul dengan tanda kulit yang terkelupas, kemerahan dan ditepinya ada benjolan yang tampak lecet. Kulit sering dirasakan gatal, dan ruam ini tentu saja dapat menyebar keseluruh area kulit. Bukan hanya selangkangan tapi juga pada kaki. jika sudah parah selangkangan menjadi hitam dan menimbulkan bekas yang sulit hilang.

Gejala kurap

Ruam pada pangkal paha, lipatan kulit, paha bagian dalam, atau bokong. Ruam biasanya tidak terjadi pada skrotum atau penis.
Gatal dan nyeri yang umum.
Pusat ruam mungkin memiliki warna merah-coklat.
Tepi ruam sangat berbeda dan mungkin bersisik atau memiliki benjolan yang terlihat seperti lecet.

Cara mengobati gatal

Kebanyakan infeksi kurap pada kulit, seperti kurap , dapat diobati di rumah tanpa harus ke dokter Gunakan krim anti jamur atau bubuk yang mengandung terbinafine, miconazole, clotrimazole atau. Anda dapat membeli produk ini tanpa resep. Nama-nama merek termasuk Lamisil, Lotrimin, Micatin, dan monistat pakai terus sampai gejala penyakitnya hilang. Jika gatal masih terjadi selama dua minggu anda memakai salep segera hubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Nama/merk obat gatal selangkangan berikut harga :

Kandungan : Ketoconazole / Ketokonazol.
  • FORMYCO CREAM Harga Rp. 20.000
  • INTERZOL CREAM Harga Rp. 23.000
  • MUZORAL CREAM 5 G Harga Rp. 8.000
  • MUZORAL CREAM 15 G Harga Rp. 23.000
  • MYCORAL CREAM 5 G Harga Rp. 11.000
  • MYCOZID CREAM Harga Rp. 16.000
  • NOFUNG CREAM Harga Rp. 12.000
  • ZORALIN CREAM Harga Rp. 22.000
  • TERMISIL CREAM 5 G Harga Rp. 21.000
  • FEXAZOL CREAM 5 G Harga Rp. 10.000
Kandungan : Mikonazol nitrat / Miconazole nitrate 
  • MICREM CREAM Harga Rp. 10.000
Obat gatal selangkangan di atas dapat anda beli di apotik dan toko obat mungkin memiliki harga yang berbeda. bentuknya salep artinya untuk pemakaian luar, sedangkan untuk pemakaian dalam sengaja tidak saya tuliskan karena harganya masih sangat mahal diatas 200.000 rupiah.

Cara menghilangkan gatal di selangkangan

Cuci bersih bagian kulit yang gatal
Jika selangkangan anda lecet keringkan dengan kain yang bersih, gunakan kompres panas agar cepat

Bagaimana cara mencegah selangkangan gatal datang kembali?

Anda dapat membantu mencegah kurap itu muncul dengan menjaga selangkangan tetap kering dan bersih, terutama pada paha bagian dalam, dan pastikan pantat bersih dan kering. Setelah mandi dan berolahraga keringkan sampai tidak ada lagi air dan keringat tersisia.
Mencuci pakaian , kaus.sepatu, handuk dan apa saja yang sering bersentuhan pada kulit

Gatal di selangkangan saat hamil

Pada kondisi hamil wanita sering mengeluhkan gatal apakah ini normal? Tentu saja tidak ada yang harus dikhawatirkan karena memang pada masa kehamilan organ intim (vagina) mengeluarkan banyak cairan. Jika cairan itu berwarna putih dan tidak berbau kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan dan pertanda itu pertanda organ intim anda dalam keadaan yang sehat. 

Begitu juga dengan selangkangan, karena perubahan hormon saat hamil  menyebabkan daerah selangkangan, dan daerah yang terdapat lipatan kulit seperti lutut, ketiak menjadi basah dan jamur menyenangi daerah lembab tadi sebagai tempat untuk berkembang. Jamur yang menginfeksi kulit dapat menyebabkan rasa gatal. kadang-kadang hilang sendiri. Metronidazole atau Clindamycin adalah antibiotik yang di sarankan oleh dokter untuk digunakan. Untuk pencegahan sama seperti ruam pada kurap usahakan bagian tubuh anda tetap kering, jangan biarkan lembab karena dapat menyebabkan bakteri datang kembali.

0 komentar:

Posting Komentar