Minggu, 16 Agustus 2015

Penyebab mata panda dan cara mengobatinya

Penyebab mata panda dan cara mengobatinya

Mata panda hanyalah sebuah istilah yang mengacu pada pembengkakan ringan di daerah bawah kantong mata, yang biasanya disebabkan pertambahan usia, penuaan dini, penyembatan saluran darah pada kulit mata dan juga otot-otot yang yang berfungsi menunjang kelopak mata dan penumpukan sejumlah lemak yang biasanya ada di sekitar wajah berpindah ke kelopak mata sehingga tampak seperti bengkak. Walaupun bukan masalah medis yang serius akan tetapi dapat mengurangi kecantikan wajah seorang wanita.

Meletakkan kompres dingin sebenarnya cukup membantu untuk mengurangi bengkaknya jika anda rajin untuk melakukannya walau sekarang ini banyak tersedia produk kosmetik untuk menghilangkan bengkak kantung mata.
Mata panda terdapat pada bagian bawah kulit mata

Gejala

Kantong di bawah mata meliputi:
Pengendoran kulit
Pembengkakan ringan
Lingkaran hitam pada bawah kulit mata

Penyebab

Ketika bertambahnya usia seseorang, struktur pada jaringan kulit dan otot yang berfungsi untuk menopang kelopak mata menjadi bertambah lemah. Kulit mulai terlihat melorot dan lemak yang biasanya hanya ada pada daerah sekitar mata berpindah ke daerah bawah mata. Terdapat ruang pada bawah mata yang dapat menjadi tempat penumpukan cairan sehingga membuat daerah bawah mata kelihatan seperti bengkak.

Faktor penyebabnya

Kurang tidur
Bagi yang sering bergadang di malam hari disarankan untuk mengurangi waktunya, karena suhu juga dapat menjadi penyebab kantong mata menjadi bengkak. Kurangnya waktu tidur termasuk faktor utama bengkak mata,  secara normal tidur yang baik sekitar 8 jam perhari.
Keturunan
Jika orang tua anda, saudara ayah atau ibu memiliki kantung mata hitam(mata panda) berkemungkinan anda juga akan memilikinya.
Perubahan cuaca
Cuaca juga dapat menjadikan kulit mata anda berubah kehitaman
Alergi atau kulit itu terjadi jika bengkak disertai dengan kemerahan dan gatal-gatal

Pembengkakan pada bawah mata akan bertambah parah jika ditemukan ciri-ciri sebagai berikut : 

  1. Gatal-gatal, kulit bawah mata kemerahan, sakit dan nyeri.
    Bagian kulit lain ikut terasa sakit
  2. persisten
  3. pembengkakan, seperti penyakit tiroid, infeksi atau alergi.
Jika mengalami hal tersebut segera menghubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut dan diagnosa yang lebih tepat.

Tips berikut dapat membantu anda mengurangi atau menghilangkan kantong di bawah mata:

  1. Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Tambahkan bantal tambahan atau menopang kepala kasur anda. Bisa juga dengan mengangkat seluruh kepala tempat tidur beberapa inci. Ini akan dapat membantu mencegah cairan dari terakumulasi di sekitar mata anda saat tidur.
  2. Gunakan kompres dingin. Basahi kain lap bersih dengan air dingin. Sementara duduk, gunakan lap basah untuk menyapu kulit bawah dan di sekitar mata selama beberapa menit dengan menggunakan tekanan lembut.
  3. Istirahat dengan tidur yang cukup di malam hari. Bagi kebanyakan orang dewasa, 7 sampai 8 jam malam adalah jumlah yang normal untuk tidur.
  4. Mengurangi gejala alergi. Gunakan obat alergi jika anda memilikinya. Berkonsultasi dengan dokter kulit adalah langkah terbaik untuk mencegahan jika untuk mengetahi secara jelas reaksi bawah mata disebabkan apa, karena bisa saja anda alergi terhadap pewarna rambut, sabun, kosmetik dan lainnya.

Terapi pengobatan

Berbagai perawatan kerut digunakan untuk memperbaiki penampilan bengkak di bawah mata. Ini termasuk laser resurfacingi, yang dapat meningkatkan warna kulit, mengencangkan kulit dan tampak muda kembali

Operasi kelopak mata

Operasi kelopak mata (blepharoplasty) adalah pilihan untuk menghilangkan kantong di bawah mata. Selama blepharoplasty ahli bedah memotong tepat di bawah bulu mata di lipatan alami mata Anda . Dokter bedah menghilangkan atau mendistribusikan kembali kelebihan lemak, otot dan kulit yang kendur. Prosedur ini biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan.
Selain memperbaiki kantong di bawah mata, blepharoplasty juga bisa memperbaiki:
  • kelopak mata atas bengkak
  • Kelebihan kulit kelopak mata atas yang mengganggu pandangan
  • Kelopak mata bawah hitam, yang dapat menyebabkan putih untuk menunjukkan bawah iris an bagian berwarna kehitaman dari mata.
  • Kelebihan kulit di kelopak mata bawah
Sebelum melakukan melakukan terapi pengobatan ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter tentang resiko dan mafaatnya. Untuk pengobatan secara alami anda dapat membaca artikel 1001 Cara ajaib menghilangkan mata panda alami.

0 komentar:

Posting Komentar