Rabu, 16 Desember 2015

25 Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan

Bagi wanita perawatan wajah yang bebas jerawat menentukan kecantikan akan tetapi siapa sangka dengan pengobatan alami yang murah semua masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan mudah. Daun sirih hijau adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan produk herbal kesehatan untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit, bukan hanya sebatas wanita saja yang bisa menggunakannya tetapi bagi pria khasiat daun sirih dapat dimanfaatkan.

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Menyembuhkan keputihan berlendir
Manfaat daun sirih untuk kewanitaan sudah terbukti sehingga banyak produk dari daun sirih dihasilkan dari perusahaan kecantikan. Miss V adalah salah satu organ tubuh wanita yang sangat penting untuk dijaga. seperti yang kita tahu, bakteri dan kuman selalu mengincar daerah yang lembab pada kulit. daun sirih yang memiliki sifat antiseftik yang dapat membunuh bakteri penyebab keputihan seperti misalnya bakteri candadida.

banyak produsen terkenal menggunakan daun sirih sebagai salah satu bahan anti keputihan misalnya mustika ratu dengan produk mustika ratu ginasih pembersih wanita ekstrak daun sirih segar, merk resik-v yang mengolahnya jadi kemasan sabun cair, tidak ketinggalan juga produk dari herborist yang memadukan daun sirih dengan manjakani. dengan banyak produsen terkenal yang memproduksinya anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan organ vital anda.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan

akan tetapi jika anda ingin membuat sendiri cairan pembersih cara pembuatannya juga mudah anda bisa mencobanya dirumah. bahan yang anda perlukan adalah sepuluh lembar sampai dengan dua puluh lembar daun sirih yang direbus dengan air sebanyak lima ratus mili liter. air sirih yang telah direbus tadi disaring dengan tapis sehinggga bebas dari kotoran. gunakan larutan tersebut untuk membersihkan daerah kewanitaan anda sehingga terbebas dari lendir akibat keputihan.

2. Mengobati bronchitis:
Daun sirih adalah bahan alami yang ajaib untuk penyembuhan bronkitis terutama peradangan pada paru-paru.  jika anda mengkonsumsi daun sirih khasiat yang anda dapatkan yang berhubungan dengan pernafasan adalah dapat mengeluarkan dahak hijau sehingga dada anda yang terasa sesak nafas terasa lebih lega.

3. Menghilangkan bau mulut
Biasanya kalau sudah bau mulut kita terasa tidak percaya diri, solusi yang biasa kita lakukan adalah makan permen yang mengandung mint. kali ini sekali lagi daun sirih dapat anda manfaatkan untuk menyegarkan nafas. cara kerja daun sirih ini adalah dengan membentengi tubuh dari serangan patogen, bakteri, kuman yang ada pada mulut, lidah gigi dan organ oral lainnya.

terbukti khasiat daun sirih dengan melihat contoh bagaimana orang tua zaman dahulu giginya tetap kuat. daun sirih bermanfaat untuk memperkuat lapisan enamel dan lapisan dalam gigi, termasuk juga daerah gusi. menggunakan daun sirih menjadikan gigi anda tidak mudah mengalami kerusakan.
cara dan waktu pemakaian :

Ramuan daun sirih mudah untuk kita buat yaitu dengan 6 helai daun sirih dan air secukupnya (sekitar 1 gelas kecil).  rebus air daun sirih dan di saring, gunakan sebagai bahan untuk berkumur. lakukan pagi hari dan malam menjelang akan tidur. jika anda sering sakit gigi terutama bagi yang mempunyai gigi berlubang, dalam waktu yang singkat sakit gigi anda dapat sembuh dengan cepat dan bau mulut anda akan hilang.

4. Penghilang rasa sakit
Jika anda mengalami memar, luka mungkin pernah terjatuh atau berbenturan dengan keras tentunya menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. anda bisa membuat ramuan untuk diminum semacam jamu dengan daun sirih. manfaatnya tentu saja untuk inflamasi pada bagian dalam tubuh dan luar tubuh. ramuan ini sangat cocok bagi anda yang mengalami sakit perut sembelit dan gangguan pada organ pencernaan. untuk menghilangkan nyeri karena benturan misalnya karena tabrakan anda bisa menggunakannya dengan 2 cara yaitu di letakkan dibagian tubuh yang memar dan juga diminum ramuan daun sirih sebagai pengobatan dalam.

5. Menghilangkan jerawat dan komedo
Mikroba adalah salah satu penyebab rusaknya kulit wajah anda, bukan hanya jerawat, komedo dan plak hitam pada kulit saja tetapi mikroba juga menyebabkan gatal dan alergi pada kulit sampai masalah serius yaitu bau badan. daun sirih memiliki sifat antiseptik dan juga sifat anti mikroba yang ampuh untuk menyembuhkan infeksi pada kulit. gunakan rebusan beberapa lembar daun sirih yang telah dicampur dengan sekuku kunyit untuk membersihkan wajah. pembuatannya mudah cukup dengan membilas wajah sesering yang anda bisa untuk hasil yang maksimal. dalam waktu tidak sampai seminggu jerawat anda akan hilang bahkan jika anda rutin dalam beberapa hari saja jerawat, komedo dan plak hitam anda sembuh.

6. Antiseptik alami terbaik
Untuk membunuh kuman tidak harus menggunakan produk berbahan kimia, daun sirih memiliki kandungan chavicol yang ampuh untuk melindungi tubuh anda dari kuman. pada daun sirih juga terdapat zat lain yang berguna untuk mencegah penyakit yaitu polifenol.

7. mengobati sakit perut sembelit
Jika perut anda terasa melilit perih, kemungkinan anda mengalami masalah perut seperti sembelit. cara pembuatannya sediakan daun sirih 8 lembar dan di haluskan. gunakan air masak dan diaduk, lebih baik air yang digunakan adalah hangat kuku. mengapa sakit perut anda bisa sembuh dengan daun sirih? itu disebabkan kandungan antioksidan pada daun sirih dapat menetralkan PH pada lambung. lebih baik penggunaannya sebelum makan dan daun sirih aman untuk anak-anak terutama yang mengalami masalah buang air besar keras akan tetapi penggunaannya untuk luar yaitu dengan mengoleskannya kedaerah dubur anak larutan daun sirih yang berbentuk minyak.

8. Mengobati alergi dan gatal karena serangga
Serangga yang menyengat dan menggigit dapat menimbulkan alergi gatal dan perih pada kulit, bahkan dapat menyebabkan merah dan bengkak. dengan ramuan rebusan air sirih anda dapat menyembuhkan efek dari bisa serangga. selain rebusan anda bisa membuat minyak daun sirih untuk dioleskan(pemakaian luar).

9. Mengobati sakit susah kencing
Jika anda mengalami kendala saat buang air kecil, coba anda praktekkan pembuatan ramuan ini. bahan yang diperlukan hanyalah cukup dengan beberapa sendok susu yang sudah diencerkan terlebih dahulu. setelah bahan susu cair sudah anda buat baru anda campur dengan daun sirih yang sudah dihaluskan. anda dapat meminumnya ramuan herbal ini setiap hari sampai anda merasakan sakit anda sudah sembuh.

10. Mengatasi dan menyembuhkan sakit pinggang
Apakah anda merasakan sakit pada bagian bawah pinggang? bahkan yang lebih parah lagi nyeri pinggang itu sudah sampai ke daerah pinggul kanan dan kiri. hal ini bisa terjadi jika anda mengalami yang namanya ketegangan pada otot akibat pekerjaan yang berat atau olahraga yang tidak tepat. anda dapat melakukan perawatan menggunakan minyak urut daun sirih. bahan yang digunakan untuk pembuatan hanyalah minyak kelapa dan daun sirih yang telah ditumbuk halus. pijat daerah pinggang yang sakit sampai anda merasakan nyeri punggung anda mereda.

11. Sakit kepala
Sakit kepala ringan dan vertigo dapat anda sembuhkan dengan minyak daun sirih. cukup ditempelkan pada dahi yang sakit, dalam waktu yang tidak lama rasa nyut-nyutan kepala anda akan berkurang. hal ini disebabkan kandungan daun sirih yang dapat mendinginkan dan sifat analgesik.

12. Mengatasi bibir pecah-pecah
Bibir pecah-pecah adalah gejala sariawan, masyarakat kita mengenalnya dengan penyakit akibat panas dalam. orang zaman dahulu membiasakan mengunyah daun sirih karena daun sirih mempunyai zat anti peradangan dan juga mempunyai efek mendinginkan.

13. Melancarkan metabolisme pencernaan
Daun sirih dapat merangsang usus untuk mudah menyerap nutrisi dan mineral yang penting bagi tubuh. manfaat daun sirih sangat efektif untuk memudahkan sirkulasi pada usus. jika anda memiliki anak yang sering bermasalah pada pencernaannya solusi yang baik adalah dengan rebusan daun sirih yang telah dicampur dengan merica secukupnya. takaran air untuk dosis anak cukup 2 sendok teh saja, 2 kali sehari.

14. Menghilangkan kurap dan panu
Penyebab kulit anda terkena kurap dan panu adalah karena infeksi jamur terutama di daerah kulit yang lembab seperti selangkangan dan lipatan kulit. oleskan minyak daun sirih ke daerah kulit bermasalah, khasiat anti jamur pada daun sirih secara ajaib menyembuhkan kurap dan panu yang menjangkiti anda. setelah sembuh tentunya anda harus menjaga kebersihan tubuh dan pakaian agar tidak mudah menjadi tempat berkembangnya jamur.

15. Mengobati maag
Maag disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan pada lambung, tentu saja gas yang diproduksi oleh lambung ini menyebabkan nyeri bahkan bila sudah akut anda harus segera kerumah sakit untuk mencegah komplikasi penyakit lain.
Bahan :
- daun sirih 5 - 10 lembar
- air secukupnya
Cara pembuatan :
Haluskan daun sirih dan direbus sampai mendidih. saring dan tiriskan, minum dalam gelas kecil 2 x sehari.

16. Menyembuhkan batuk
Tahukah anda selain memiliki sifat anti inflamasi, anti jamur, anti mikroba daun sirih memiliki sifat antibiotik juga? batuk kering, batuk rejan dan batuk berdahak dapat disembuhkan dengan ramuan herbal daun sirih buatan kita sendiri.
Bahan :
- Daun sirih
- Kapulaga
- Cengkeh
- air secukupnya
Cara pembuatan dan penggunaan:
Rebus kesemua bahan tadi sampai mendidih, ambil airnya dimasukkan kedalam gelas, dinginkan. dosis pemakaian sehari 3 kali.
Setelah pemakaian obat secara teratur tadi biasanya napas terasa lega dan dahak akan keluar.

17. Mengobati mata merah karena iritasi
Jika anda memiliki mata merah bisa jadi disebabkan karena debu, kotoran yang masuk kemata termasuk iritasi ringan bahkan penyakit katarak. anda dapat membuat mata anda kembali putih dengan air rebusan daun sirih. tapi jika anda ingin yang praktis bisa membeli produk yang sudah jadi seperti misalnya insto yang banyak dijual di apotik. untuk menghilangkan mata merah, rebus daun sirih dengan air secukupnya disaring dan didinginkan. cucilah mata anda dengan air rebusan daun sirih tadi, dan bilas menggunakan air biasa. lakukan setiap hari sampai mata anda putih kembali. selain untuk menghilangkan mata merah untuk iritasi, daun sirih juga dapat bermanfaat membantu menyehatkan mata anda yang minus.

18. Menambah nafsu makan
Cara ini ampuh untuk menggemukkan badan karena salah satu penyebab badan anda kurus adalah karena anda makan anda yang kurang. timbulnya rasa lapar dengan menggunakan rebusan daun sirih karena zat yang terdapat pada daun sirih dapat menormalkan tingkat PH pada lambung sehingga menimbulkan rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan.

19. Meningkatkan vitalitas dan kebugaran
Jika anda merasa badan anda capek, lemah, stress dan mudah sakit-sakitan daun sirih mampu untuk mengembalikan semangat hidup anda. herbal daun sirih lebih aman karena terbuat dari bahan-bahan alami daripada anda mengkonsumsi obat-obat berbahan kimia yang tentunya memiliki efek samping.
Bahan :
- daun sirih yang telah dihaluskan (1 sendok teh)
- madu
Cara pembuatan :
campurkan semua bahan dalam gelas dan diminum dengan dosis 2 x sehari.

20. Mengobati borok
Borok karena luka yang sudah terinfeksi kalau dibiarkan akan membuatnya bertambah parah. dengan memanfaatkan daun sirih luka dan borok anda akan cepat mengering. hancurkan daun sirih dan di tempelkan pada borok dan luka selanjutnya anda dapat menutup luka dengan kain bersih atau perban. tidak sampai seminggu luka anda akan segera sembuh.


21. Mengatasi penyakit asma
Jika anda sering sesak nafas ciri-cirinya biasanya jika bernafas akan mengeluarkan bunyi ngik berkemungkinan anda terkena asma. dengan minyak daun sirih anda dapat mengoleskan ke dada agar nafas anda lega, selain itu anda juga dapat membuat sendiri ramuan herbal di rumah anda menggunakan daun sirih.
Bahan :
- sepotong kecil kayu manis
- beberapa butir cengkeh
- kemukus
- kapulaga
- air secukupnya
Cara pembuatan :
Rebus semua bahan tadi dengan air yang sudah dipersiapkan, didihkan air sampai air dalam panci tersisa satu gelas. tiriskan dan dinginkan. dosis jamu ini 3 x sehari.

22. Menghilangkan bengkak pada payudara wanita
Bengkak pada payudara sering dialami oleh wanita yang baru saja melahirkan terutama bagi ibu mudah yang menyusui bayi. kandungan zat antiseftik daun sirih dapat mengempiskan bengkak tersebut. anda dapat menempelkannya langsung atau di buat minyak, lakukan sebelum anda menyusui bayi.

23. Mengobati penyakit bisul
Jika keluarga atau anak anda mempunyai bisul sangat mudah diatasi dengan daun sirih. caranya dengan mengambil beberapa helai daun sirih dan olesi dengan minyak jarak. panaskan diatas lilin atau api yang penting daun sirihnya jangan sampai hangus. dengan pemakaian rutin bisul akan mengecil sendiri, jika sudah bernanah maka bisul itu akan mudah pecah.

24. Menyembuhkan penyakit hidung berdarah (mimisan)
Daun sirih dapat menghentikan pendarahan pada hidung, karena zat anti peradangan yang dimilikinya. caranya sederhana dan mudah anda lakukan yaitu dengan memasukkan sirih yang telah diremas sampai hancur kedalam lubang penderita mimisan.

25. mengobati diabetes dan kolesterol
Jika anda memiliki gejala diabetes anda dapat membuat ramuan rebusan daun sirih tetapi jangan menggunakan gula. walau agak pedas dan pahit tapi khasiatnya ampuh untuk menurunkan kadar gula darah anda.

Selain daun sirih hijau, daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan juga memiliki manfaat dan khasiat yang tidak jauh berbeda . jika anda merasa artikel ini berguna dan bermanfaat, bagikan kepada yang lainnya agar kita semua tetap terjaga kesehatannya.

0 komentar:

Posting Komentar