Minggu, 27 Desember 2015

Cara menghilangkan bau mulut permanen dan cepat

Penyebab bau mulut banyak dipengaruhi oleh kesehatan gigi dan jenis makanan yang biasa kita makan. tentu saja biang keladi bau mulut terbesar adalah karena bakteri. Banyak jenis makanan dan minuman yang dapat membuat mulut berbau busuk dan nafas menjadi tidak sedap. Pada artikel cara menghilangkan bau mulut permanen saya akan membahas penyebab bau mulut beserta tips untuk mengatasi bau mulut anda.

Penyebab :

1. Bau mulut yang bersumber dari makanan dan minuman
Banyak makanan yang kita konsumsi menjadi penyebab bau mulut dan dapat menimbulkan aroma nafas tidak sedap yang sulit untuk hilang. diantara makanan yang harus anda hindari/kurangi penggunaannya jika tidak ingin memiliki mulut yang berbau adalah petai, jengkol, durian, bawang merah, bawang putih dan beberapa makanan yang mengandung gas. mungkin anda pernah mengalami sehabis makan jengkol atau petai walaupun telah menyikat gigi tetapi tetap saja aroma bau tidak sedap itu keluar dari mulut.
Penyebab bau mulut dari gigi, gusi dan lidah

Mengapa hal itu bisa terjadi? untuk menjawabnya tentunya kita harus mengetahui proses makanan yang terjadi dalam tubuh. ketika makanan masuk kemulut dan kita mengunyahnya sebagian besar masuk melalui tenggorokan dan diteruskan kedalam lambung. tentunya makanan yang kita cerna tadi terserap kedalam aliran darah. makanan yang memiliki bau yang menyengat dapat mengeluarkan gas tertentu yang di bawa melalui paru-paru, melalui tenggorokan dan keluar melalui mulut anda. itu sebabnya ketika anda menggosok gigi menggunakan odol dan obat kumur menjadi tidak mempan. karena bau mulut itu bukan berasal dari organ oral/mulut akan tetapi dari organ dalam tubuh seperti lambung misalnya.

Bahkan bukan hanya mulut saja yang berbau, tetapi juga nafas yang dikeluarkan dari hidung menjadi tidak sedap. Bau mulut juga bisa terjadi dari sisa makanan apalagi anda jarang gosok gigi. makanan yang tersisa di mulut dan sela gigi terutama gigi yang berlubang dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut. untuk mengatasi bau mulut ini anda harus rajin gosok gigi terutama setelah makan, sebelum tidur dan setelah bangun tidur. bukan hanya pada gigi dan gusi saja yang perlu anda bersihkan. pada lidah juga harus anda jaga kebersihannya, sekarang ini banyak dijual alat pembersih lidah dengan harga yang murah dan mudah didapatkan.

2. Merokok
Bagi perokok berat bau nikotin tembakau terkadang bercampur dengan bau keringat dan susah sekali untuk dihilangkan. bukan hanya pada diri perokoknya saja, bahkan orang lain disekitar jika terkena asap rokok tadi jadi ikut berbau aroma asap rokok juga.

3. Karena penyakit
Mungkin anda menganggap bau mulut hal biasa, tahukan anda bahwa bau mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit serius yang tanpa anda sadari telah ada pada tubuh anda? banyak penyakit yang dapat menyebabkan mau mulut seperti misalnya kerusakan ginjal dan hati, infeksi sinus kronis, infeksi pada saluran pernapasan, bronkitis, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. anda dapat membaca artikel tanda penyakit penyakit serius, diantaranya adalah bau mulut seperti bau aseton atau kutex kuku.

4. Pencandu alkohol
Bau mulut yang disebabkan karena alkohol sangat sulit dihilangkan bahkan dengan membersihkan mulut baik itu dengan menggosok gigi, obat kumur maupun menyikat lidah. seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bau mulut tidak saja berasal dari organ oral/mulut akan tetapi juga berasal dari organ dalam tubuh.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara permanen?

Langkah terbaik tentu saja adalah dengan mencegah faktor pemicunya
1. Bau mulut yang bersumber dari makanan dan minuman, tentu saja adalah dengan tidak mengkonsumsinya, termasuk juga rokok dan alkohol. untuk menghilangkan bau yang berasal dari dalam organ tubuh, bisa dengan minum air putih agar metabolisme tubuh lancar, berolahraga atau mengkonsumsi makanan yang pedas agar sumber bau dalam aliran darah dapat keluar melalui keringat.
2. Selalu menjaga kebersihan gigi
Jika gigi anda rusak segera periksakan kedokter gigi agar dapat mencegah kerusakan yang lebih parah lagi. menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari bakteri adalah hal yang terbaik. jika anda pengguna gigi palsu, bersihkan gigi anda sebelum tidur dan jangan dipakai sampai besok pagi.


3. Mengatasi bau mulut pada bayi dan anak
Pada usia anak dibawah 4 tahun dan bayi yang berusia hitungan bulan, perawatan mereka berbeda dengan orang dewasa. karena pada usia yang masih muda itu organ oral seperti gigi dan gusi mereka belum kokoh/kuat. karenanya untuk membersihkan gigi mereka haruslah berhati-hati karena sedikit kesalahan saja dapat membahayakan gigi dan gusi mereka yang masih lembut. gunakanlah pembersih gigi khusus anak dan bayi yang dapat anda temukan di apotik. selain itu juga odol yang digunakan adalah yang tidak mengandung menthol atau mint. biasanya kita temukan odol gigi khusus anak dan bayi dengan berbagai macam rasa seperti strawbery dan permen. anda bisa berkonsultasi ke dokter anak dan bayi untuk mendapatkan solusi terbaik dan tepat.

Cara menghilangkan bau mulut yang terbaik adalah mencegah penyebabnya dan merawat kesehatan mulut termasuk gigi, gusi dan lidah, tentu saja hal ini sangat mudah anda lakukan dirumah. Mulut dan nafas berbau selain mendatangkan penyakit juga dapat membuat kita dijauhi dari pergaulan.

0 komentar:

Posting Komentar