Kamis, 17 Desember 2015

Manfaat daun kersen untuk kesehatan

Daun kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura, memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. banyak penyakit serius yang dapat diobati dengan daun kersen sehingga produsen obat memproduksinya untuk menjadikan obat herbal. dengan menggunakan daun kersen aman untuk tubuh karena bahan yang dipakai bukan zat kimia. pengobatan secara alami membuat anda tidak perlu khawatir mengkonsumsinya. berikut manfaat dan khasiat daun kersen untuk kesehatan :

1. Mencegah asam urat
Menurut penelitian para ahli kesehatan orang yang menggunakan daun kersen untuk pengobatan dapat terhindari dari resiko asam urat(gout). rebusan daun kersen yang diminum setiap malam dapat mengurangi kurang lebih 15% asam urat di dalam tubuh karena terdapat oksida nitrat yang rendah dan tingkat protein C-reaktif. jika anda penderita asam urat dengan minum air rebusan selama 4 minggu dapat mengurangi kadar asam urat.

2. Obat tidur alami
Bagi anda yang susah tidur malam (insomnia) sebenarnya bukan karena penyakit akan tetapi hanya karena kebiasaan dan faktor pikiran. daun kersen mengandung melatonin yang merupakan antioksidan tinggi yang yang menangkal radikal bebas sehingga anda dapat tidur lelap.

3. Perlindungan antioksidan tinggi
Daun kersen memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti anthocyanin dan cyanidin, kandungan utama daun kersen yaitu quercetin yang dapat menangkal radikal bebas.

4. Mengobati dan mencegah stroke
Air rebusan daun kersen dapat mengatasi penyakit stroke karena pada daun kersen terdapat zat yang dapat merangsang peroksisom proliferator (PPAR) pada jaringan tubuh kita, yang berfungsi untuk mengatur gen dalam proses metabolisme glukosa dan juga lemak

5. Mengecilkan perut
Tumpukan lemak pada perut dapat dihilangkan dengan berolahraga secara teratur dan diet ketat seperti diet mayo. jika anda ingin menguruskan badan, anda dapat membuat rebusan air kersen. Sudah terbukti daun kersen dapat mengurangi lemak pada tubuh terutama perut.

6. Mencegah kanker
Manfaat daun kersen adalah dapat mengatasi penyakit kanker karena didalamnya terdapat antisianin terutama cyanidin. selain itu daun kersen kaya akan serat dan vitamin C. berdasarkan penelitian para ahli caynidin dapat mengurangi sel-sel sehat pada tubuh penderita untuk berubah menjadi kanker.

7. Menghilangkan capek setelah berolah raga
Daun kersen bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada otot terutama bagi pria dan wanita yang sering bekerja berat. pada saat bekerja atau berolahraga, gerakan tubuh kita yang berlebihan menyebabkan kerusakan kecil sehingga tubuh kita menjadi sakit/nyeri. daun kersen terdapat kandungan antioksidan tinggi dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi kerusakan otot.

8. Mengatasi sakit pada punggung
Daun kersen dapat mengatasi sakit inflamasi osteoarthritis atau yang biasa kita kenal dengan sakit pinggang/punggung karena pada daun kersen terdapat kandungan anti-inflamasi. dengan meminum air rebusan daun kersen 2 x sehari selama 3 minggu secara teratur, sakit pinggang anda akan sembuh.

9.  Mengatasi diabetes
Manfaat daun kersen lainnya yaitu untuk pengobatan diabetes, karena terdapat kandungan serat tinggi, antosianin, vitamin C dan karotenoid dapat mengurangi kadar gula pada darah. selain itu daun kersen dapat mengurangi lemak berlebih pada tubuh sehingga mencegah anda menjadi kegemukan (obesitas).

10. Mencegah darah tinggi
Bagi anda penderita darah tinggi dapat menggunakan daun kersen untuk mengobatinya. dengan minum air rebusan daun kersen secara teratur 2 kali sehari dapat menormalkan kembali tensi darah anda.

Daun kersen biasa juga disebut talok/ceri/seri di indonesia, mudah kita jumpai disekitar kita, dengan manfaatnya yang luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit secara alami dan cara pengolahannya yang mudah anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar