Kamis, 17 Desember 2015

Manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh

Daun seledri yang memiliki nama latin Apium graveolens, sering kita temukan dalam masakan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. selain kaya akan vitamin daun seledri memiliki kandungan zat-zat yang berguna untuk tubuh. ibu-ibu rumah tangga biasanya menyebutnya dengan daun sop, menambahkan daun sop kedalam masakan tentunya dapat menambah selera makan. tentunya anda ingin mengetahui seberapa besar sih khasiat daun seledri ini. yuk kita kupas habis manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan :


Menurunkan berat badan
Khasiat daun seledri dapat menurunkan berat badan karena seledri mempunyai kemampuan untuk menyediakan nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin B, mineral, vitamin C, kalium, elektrolit dan sebagai zat anti oksidan. bagi yang melakukan diet ketat seperti halnya diet mayo aman untuk menggunakan seledri sebagai salah satu menu makanan karena seledri memiliki kalori yang rendah.

Mencegah pembentukan batu ginjal
Manfaat daun seledri adalah untuk membuang racun pada tubuh dan membantu kesehatan ginjal. jika ginjal anda dalam keadaan sehat dengan mengkonsumsi banyak daun seledri dapat meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal. pada ginjal yang normal daun seledri bermanfaat untuk membersihkan ginjal

Mengatasi darah tinggi
Manfaat daun seledri terutama ekstra bijinya terdapat kandungan anti-hipertensi yang dapat mengurangi terkanan darah tinggi sangat baik bagi penderita hipertensi. biji seledri terdapat kandungan ekstrak air-etanol, metanol dan hexanic yang dapat membantu mengurangi resiko peradangan, mengendalikan dan meningkatkan sirkulasi darah. ekstrak seledri dapat meningkatkan sirkulasi aliran kalsium dan kalium untuk keluar masuk sel sehingga dapat menyehatkan jantung.

Menyembuhkan luka akibat infeksi
Zaman dahulu orang menggunakan biji seledri sebagai bahan untuk obat herbal, setelah dilakukan penelitian oleh para ahli farmasi pada tahun 2009 terbukti seledri dapat membunuh mikroba sebagai salah satu penyebab infeksi. jika anda mempunyai luka atau borok yang membusuk, gunakan seledri yang diolah menjadi jus atau pemakaian obat luar. untuk obat luar cara pembuatannya yaitu dengan menumbuk halus biji seledri dan ditempelkan pada luka dan diperban. lakukan pemakaian secara teratur, dalam waktu yang singkat luka anda yang tadinya bernanah, berdarah akan mengering dan sembuh.

Rambut rontok
Manfaat daun seledri dapat kita gunakan untuk kesehatan rambut yaitu mencegah terjadinya rambut rontok dan menguatkan akar rambut, hal itu karena tingginya multivitamin dan mineral pada daun seledri. cara membuat ramuan daun seledri untuk pemakaian luar seperti halnya shampo anda dapat menghaluskan daun seledri dengan campuran minyak kelapa(minyak makan). pijat kulit kepala dengan ramuan yang telah kita bikin tadi dan bilas sampai bersih. anda dapat menggunakan ramuan tadi setiap hari untuk mendapatkan rambut sehat, lurus dan lebat.

Mengatasi kulit wajah berminyak
Manfaat daun seledri adalah mengurangi minyak pada kulit wajah, seperti yang kita tahu kulit wajah berminyak cenderung untuk menimbulkan jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan daun seledri untuk dijadikan masker setiap hari. jika anda teratur dan rutin memakainya wajah anda akan terlihat bersih dan bebas dari kilapan minyak.

Mengobati bisul
Kandungan ekstrak etanol pada seledri bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya bisul menjadi lebih besar. selain itu juga kandungan alkaloid, tanin, minyak atsiri dan juga flavonoid dapat mengobati ketidaknormalan kulit akibat infeksi kuman penyebab bisul.

Mengontrol kadar kolesterol
Kandungan ekstrak seledri mengandung 3-n-butylphthalide(BuPh) yang dapat menurunkan lipid yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat memperbaiki kualitas jantung.

Melindungi dan mencegah kanker
Manfaat daun seledri adalah untuk meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah sel-sel tumor untuk berkembang biak. Semua itu dikarenakan kandungan khusus yang terdapat pada seledri yaitu polyacetylenes yang merupakan senyawa kemo pelindung. kemampuan polyacetylenes dapat melindungi dari serangan kanker, memproteksi tosisitas terutama untuk kanker usus dan kanker payudara. selain itu penderita leukemia dapat terbantu dengan adanya senyawa polyacetylenes.

Asam urat
Daun seledri terdapat kandungan flavaols(quecetin) dan asam fenolik misalnya asam ferulat dan asam caffeic. kandungan tersebut bukan hanya dapat mengobati asam urat juga penyakit lainyya seperti gangguan hati, infeksi pada ginjal dan nyeri pada sendi seperti misalnya arthritis. seledri dapat mempertahankan tubuh terhadap serangan radikan bebas terutama pada orang yang sudah berusia lanjut(tua) penyebabnya karena kandungan antioksidan dan polisakarida yang bertindak sebagai anti-inflamasi.

Mengatasi infeksi saluran kemih
Daun seledri bermanfaat untuk membantu merangsang urin untuk berproduksi lebih banyak dan mencegah terjadi infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada organ reproduksi dan pada saluran pencernaan.


Meningkatkan kualitas pria
Manfaat daun seledri sangat baik bagi pria yang ingin tetap "kuat", dengan beragam kandungan dahsyat pada daun seledri, banyak pria yang menggunakannya untuk menambah stamina. biasanya dibuat jus dan dicampur dengan telur ayam kampung.

Mencegah penyakit liver
Penderita penyakit hati sangat baik mengkonsumsi seledri karena dapat menurunkan penumpukan lemak yang terdapat didalam hati. akan lebih baik untuk menjaga kondisi hati anda lebih sehat anda melakukan diet menggunakan sayuran sawi dan seledri.

Perut kembung
Biji seledri membantu tubuh kita untuk melakukan proses detoksifikasi, karena terdapat efek diuretik yang dimiliki oleh seledri dapat meningkatkan sirkulasi dalam usus sekaligus membantu pencernaan untuk mengurangi kembung berlebihan pada lambung.

Efek samping dan bahaya daun seledri terhadap penderita ginjal
Yang harus diperhatikan untuk penderita penyakit tertentu seperti halnya ginjal yang sudah terlanjur rusak, disarankan menggunakan seledri dalam jumlah yang kecil. untuk orang yang memiliki ginjal yang sehat mengkonsumsi daun seledri tentu saja sangat baik untuk ginjal karena kandungan luar biasa dari daun seledri ini misalnya asam amino esensial, kalium, magnesium, asam folat, natrium, kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin C, vitamin B1, B2, B6. akan tetapi tentunya berbeda jika halnya bagi penderita ginjal yang sudah kronis, pantangan menggunakan daun seledri adalah lebih baik. Seperti kita ketahui penderita penyakit ginjal biasanya disarankan oleh dokter mengurangi pemakaian garam karena didalam garam terdapat natrium yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan darah. begitu juga dengan seledri yang memiliki sodium yang tinggi seperti garam, untuk menjaga keseimbangan elektrolit, yang dapat mengakibatkan kalium, natrium dan fosfor yang tinggi dalam darah. Bahaya penderita batu ginjal dan masalah ginjal lainnya yaitu komplikasi penyakit berbahaya lain yang berhubungan dengan ginjal seperti mialgia, aritmia, fibrilasi otot dan masalah pencernaan. anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda mengenai hal ini.

Efek samping pada ibu menyusui
Bagi ibu-ibu yang baru melahirkan bayi tentunya menginginkan air susu ibu(ASI) lancar untuk memberi asupan gizi pada bayi. mengonsumsi seledri yang berlebihan dapat mengurangi dan menghambat produksi air susu. anda dapat berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk masalah ini untuk mencari solusi yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar