Sabtu, 12 Desember 2015

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan khasiat lainnya

Manfaat minyak zaitun (Olive Oil) sebenarnya bukan hanya untuk wajah atau kecantikan, banyak sekali khasiat luar biasa yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, pengobatan dan juga penggunaan lainnya. untuk membuat minyak zaitun ini anda tidak perlu repot-repot lagi mengolah sendiri, anda bisa membeli di supermarket atau warung-warung kecil disekitar anda dengan berbagai macam merk untuk produk kecantikan misalnya minyak zaitun dari mustika ratu, sari ayu, wardah dan lainnya.

Kandungan Minyak zaitun

Sebelum saya menuliskan tentang manfaat minyak zaitun tentunya yang membuat kita penasaran apa saja kandungan  yang terdapat dari minyak zaitun ini sehingga terdapat 1001 manfaat yang luar biasa dari minyak ini. Nilai nutrisi per 100 gram minyak zaitun:
1. energi = 884 kcal
2. Karbohidrat = 0 gram
3. Lemak 100 gram
- Lemak jenuh = 14 gram
- Lemak tak jenuh tunggal = 73 gram
- Lemak tak jenuh ganda = 11 gram
- Omega-3 = 0,8 gram
- Omega-6 = 9,8 gram
4. Protein = 0 gram
5. Vitamin E = 14 miligram
6 Vitamin K = 60
7. Zat besi = 0,6 miligram

Minyak zaitun kandungan utamanya yaitu phenolic dan memiliki 30 senyawa fenolik. pada buah yang telah masak terdapat senyawa asam elenolic. senyawa lainnya yaitu pinoresinol, flavonoid dan lignan.
Minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan pengobatan penyakit

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Minyak zaitun dapat mencegah penyakit stroke

Anda mungkin telah tahu tentang penyakit stroke, Mengobati penyakit stroke ini termasuk sulit jadi lebih baik anda mencegah sebelum anda benar-benar mengalaminya. stoke diakibatkan karena terjadinya gumpalan darah yang berkembang di daerah arteri atau juga pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan terhalangnya aliran darah ke otak. tentunya jika sudah kronis dapat menyebabkan kematian sel-sel otak dan juga terjadi kerusakan pada otak. stroke menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Peneliti yang melakukan studi di perancis menemukan bahwa orang tua yang mengkonsumsi minyak zaitun setiap harinya dapat terlindungi dari serangan penyakit stroke. minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran pada saus untuk roti dan juga digunakan untuk minyak sayur. minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol pada tubuh. tentunya untuk pengobatan dan pencegahan stroke anda harus memperhatikan faktor lain dari penyebab stroke itu sendiri misalnya dengan melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan olahraga. karena selain untuk terhindar dari serangan stroke juga tubuh anda menjadi sehat sehingga tidak mudah terkena serangan penyakit serius lainnya.

Minyak Zaitun Ditemukan untuk Membantu Mencegah Kanker Kulit

Mungkin anda pernah mendengan tentang penyakit kanker kulit baik dari televisi maupun media internet. tahukan anda salah satu jenis kanker kulit yang paling ganas yaitu melonoma ganas merupakan jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Minyak zaitun yang kaya akan antioksidan merupakan antisipasi yang baik untuk memperlambat berkembangnya melanoma ganas. tentunya anda harus mengimbanginya dengan melakukan diet mediterania. dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin kulit anda dapat terlindung dari efek jahan dari sinar Ultra violet. karena minyak zaitun memiliki kemampuan meningkatkan kekebalan karena karotenoid.

Mediterania Diet mencegah sindrom metabolik

Negara-negara di mediterania memiliki pola dan menu makan yang menyehatkan dan tentu bagi orang indonesia termasuk aneh dan jarang dilakukan. dari asal negara itulah sebabnya mengapa diet tersebut dinamakan dengan diet mediterania. minyak zaitun adalah salah satu dari menu yang harus disediakan  untuk melakukan diet mediterania karena termasuk lemak tak jenuh tunggal. menu lainnya yaitu mengkonsumsi sayuran, mengurangi daging berwarna kemerahan, susu yang rendah lemak, ikan, jenis kacang-kacangan, makan daging yang berjenis unggas. dengan melakukan diet mediterania anda terhindar dari serangan penyakit jantung dan juga terhindar dari resiko sindrom metabolik.

Minyak Zaitun Mencegah penyakit diabetes Tipe 2

Banyak orang takut mengkonsumsi makanan berlemak karena takut akan terkena penyakit. penderita diabetes dan juga jantung menghindari lemak dan mengubah menu makan mereka. sebenarnya jumlah lemak pada makanan yang dikonsumsi tidaklah begitu penting. yang harus anda perhatikan adalah jenis lemak pada makanan yang anda konsumsi.jenis lemak yang rendah resiko dan tidak berbahaya adalah yang berjenis lemak tak jenuh tunggal seperti yang terdapat pada minyak zaitun. selain itu terdapat juga pada makanan yang berjenis biji-bijian, kacang-kacangan. sebuah penelitian yang di lakukan di negara spanyol membuktikan bahwa 50% orang yang melakukan diet menggunakan minyak zaitun seperti halnya diet mediterania terhindar dari resiko penyakit diabetes tipe 2.

Minyak zaitun dapat mencegah penyakit kanker payudara

Penyakit kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya tentu saja kanker ini hanya pada wanita. jenis lemak merupakan salah satu faktor pemicu terhadap perkembangan kanker payudara. minyak zaitun yang memiliki senyawa bioktif dapat melindungi wanita terhadap serangan penyakit kanker payudara.
Penelitian yang dilakukan oleh universitas di barcelona menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun sangat efektif terhadap perlindungan kerusakan pada DNA, mengstimulasikan kehancuran sel tumor dan juga melindungi DNA pada inti sel sehingga dapat memperlambat perkembangan tumor.

Minyak zaitun dapat mencegah osteoporosis

Di televisi banyak kita lihat iklan dari produk susu tinggi kalsium dengan berbagai merk misalnya anlene, Hi low, Entrosol dan produk susu lainnya. tidak ketinggalan juga produk lainya yang dikemas dalam bentuk suplemen kalisum seperti redoxon, protecal dan juga CDR. tentu saja meggunakan produk tersebut sangat baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. apa itu osteoporosis? osteoporosis adalah penyakit yang dimulai dengan penurunan massa tulang. akibat dari pengurangan massa tulang tersebut dapat menyebabkan arsitektur jaringan tulang tubuh kita menjadi rapuh. tentunya kerapuhan tulang ini memiliki resiko yang berbahaya bagi tubuh kita seperti misalnya kemungkinan tulang patah. Osteoporosis umumnya terdapat pada wanita pasca menopause karena pada saat itu terjadi penurunan produksi estrogen yang berakibat pelemahan struktur pada tulang. tulang yang rawan terjadi perapuhan osteoporosis adalah tulang pinggul, tulang rusuk dan juga tulang pada pergelangan tangan. peranan minyak zaitun untuk memperkuat tulang karena terdapat kandungan natrium, zat besi, kalsium, mineral dan juga kalium yang dapat membantu tubuh untuk melawan osteoporosis.

Mencegah penyakit Alzheimer

Peneliti dari universitas di itali telah menemukan khasiat dari minyak zaitun untuk melawan dan mencegah penyakit alzheimer. kandungan polifenol pada minyak zaitun jika dikonsumsi secara terus menerus dapat mengobati dan mencegah bertambah parahnya penyakit alzheimer. penyakit alzheimer adalah penyakit yang berjenis sindrom dengan apoptosis sel-sel pada otak yang terjadi serentak yang membuat otak menjadi kecil dan berubah mengkerut.  penyakit yang sering dijumpai pada orang yang berusia lanjut ini tidak menular akan tetapi sangat berbahaya.

Mencegah terjadinya stress dan depresi

Diet mediterania yang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan makanan menurut penelitian oleh para ahli di spanyol pada tahun 2009 membuktikan kandungan minyak zaitun dengan mengkonsumsinya berkaitan erat dengan rendahnya resiko stress dan juga terjadi depresi.
Selain itu, para peneliti menemukan bahwa asupan tinggi dari minyak zaitun dan lemak tak jenuh ganda ditemukan dalam ikan dan minyak nabati lemak dikaitkan dengan rendahnya risiko depresi. Menurut para peneliti temuan ini menunjukkan bahwa penyakit jantung dan depresi dapat berbagi beberapa mekanisme umum yang terkait dengan diet.

Minyak zaitun dapat menjaga organ hati tetap sehat

Seperti kita ketahui dengan bertambahnya usia, organ tubuh termasuk hati juga mengalami penurunan kualitas. diet menggunakan minyak zaitun dan makanan lain yang mengandung lemak tak jenuh dapat meningkatkan fungsi dari hati. endoltelium adalah  lapisan sel-sel yang melapisi dinding bagian dalam arteri.dengan mengkonsumsi minyak zaitun kerusakan endotel dapat berkurang. tentu saja penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat membantu metabolisme tubuh dengan memperlancar sistem peredaran darah.

Memperkuat jantung

Minyak zaitun dapat memperkuat organ jantung dari kerusakan. bahaya lemak dan kolesterol jahat dapat menyebabkan anda beresiko terkena serangan jantung. dengan mengkonsumsi dan melakukan diet menggunakan minyak zaitun, jantung anda akan terjaga dari radikal bebas dan tetap sehat.

Ibu hamil bolehkah menggunakan minyak zaitun?
Bagi ibu hamil adalah hal yang normal mengalami namanya gatal pada daerah sensitif terutama pada bagian kulit. manfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi gatal dan guratan pada kulit. anda cukup mengoleskannya saja, hasilnya akan terasa  cepat dan luar biasa. jika anda biasa menggunakan jasa bidan kampung untuk mengurut daerah perut, betis, paha dianjurkan untuk mengganti minyak yang digunakan dengan minyak zaitun. untuk mudahnya anda bisa membeli minyak zaitun produk dari mustika ratu yang sudah terpecaya dan khasiatnya terjamin. selain untuk penggunaan luar, ibu hamil boleh menggunakan minyak zaitun untuk penggunaan dimakan atau diminum. tentu saja hal tersebut aman dan tidak berbahaya.
Setelah bahasan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan pengobatan penyakit tentu saja minyak zaitun memiliki khasiat lainnya.

Manfaat minyak zaitun untuk batu akik dan batu cincin

Banyak kalangan pencinta batu akik(gemslovers) menggunakan minyak zaitun untuk merawat batu akik. tujuannya agar batu akik tersebut dapat bertambah dan keras dan mempercepat proses pengkristalan. dipercaya oleh sebagian gemslover kandungan dan unsur elemen yang terdapat pada minyak zaitun mencegah terjadinya keretakan pada batu akik. biasanya minyak zaitun dioleskan dan melakukan proses treatment hanya dengan cara sederhana dan mudah. yaitu hanya dengan merendamnya kedalam sebuah mangkok. terutama bagi mereka yang memiliki akik yang berjenis black oval dan bulu macan.buat anda yang memiliki batu cincin selain jenis akik bisa mencobanya.

Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kecantikan terutama perawatan wajah dan kulit dapat membaca artikel lain dari blog tips kesehatan ini yaitu Manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak dan berjerawat

0 komentar:

Posting Komentar