Rabu, 02 Desember 2015

Penyebab radang tenggorokan pada anak dan bayi

Sebagai orang tua tentunya akan gelisah dan khawatir jika melihat anak atau bayi yang tidak mau makan dan sering menangis jika menelan makanan. Penyebab radang tenggorokan adalah dikarenakan terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan yang di sebabkan oleh bakteri sehingga tenggorokan anak anda menjadi luka. keadaan ini mengakibatkan rasa perih dan gatal pada tenggorokan. tidak semua gejala sakit, pedih dan gatal pada tenggorokan adalah karena radang tenggorokan, hanya sebagian kasus saja.

walaupun begitu sakit radang tenggorokan jika dibiarkan akan berbahaya karena akan menjadi pemicu komplikasi penyakit lain seperti panas demam, radang ginjal dan penyakit serius lainnya. radang tenggorokan selain terjadi pada anak usia 1, 2 tahun, 3,4, 5 tahun juga terdapat pada bayi yang berusia bulanan. untuk  orang dewasa telah saya bahas pada artikel obat radang tenggorokan resep dokter di apotek

Penyebab radang tenggorokan pada anak

Bakteri Streptococcus pyogenes adalah salah satu pemicu timbulnya radang tenggorokan pada anak dan bayi anda, mereka dapat menular dengan cepat melalui udara terutama dari orang yang bersin dan batuk dan sudah terinfeksi bakteri ini. makanan dan minuman yang terinfeksi bisa juga menularkan bakteri ini bahkan dengan sentuhan kulit ke bagian mata, hidung dan mulut anak atau bayi sudah bisa menjangkiti bakteri radang tenggorokan ini. biasakan rumah anda selalu bersih. usahakan tangan bayi dan anak harus selalu bersih agar bakteri ini tidak mudah menular.

Gejala,ciri-ciri tanda anak dan bayi terinfeksi radang tenggorokan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak semua sakit di tenggorokan adalah radang tenggorokan akan tetapi dengan mengetahui gejala dibawah ini anda setidaknya mengenal dan waspada agar anak dan bayi anda terhindar dari komplikasi yang lebih serius.
1. Anak mengeluhkan kepalanya terasa sakit
2. Suhu badan anak panas
3. Sakit pada tenggorokan sehingga anak susah/sulit menelan baik itu makanan maupun minuman
4. Sakit perut yang disertai muntah, hal ini sering dialami oleh anak-anak dan bayi.
5. Adanya bengkak di area kelenjar getah bening di bagian leher
6. Terdapat bintik-bintik merah yang berukuran kecil yang terletak di atas langit-langit mulut pada bayi dan anak (biasanya di daerah ujung/belakang mulut)
7. anak merasa cepat lelah
8. Adanya bengkak yang berwarna kemerahan di daerah amandel dan di sebagian kasus terdapat bercat putih dan kadang ada nanah.

Untuk gejala yang serius dan parah, anda harus membawa segera anak anda kedokter jika anak menunjukkan gejala sebagai berikut :
1. Sakit tenggorokan anak tetap berlangsung sampai 2 hari 2 malam(48 jam).
2. Demam panas anak atau bayi sudah 38 derajat celsius. pada banyak kasus demam itu berlangsung 1 sampai 2 hari.
3. Perubahan warna kencing(pipis) anak
4. Anak kesulitan menelan bahkan air liurnya sendiri dan sulit bernapas.
5. Setelah pemberian antibiotik demam anak dalam sehari 2 hari belum juga ada gejala turun panasnya.

Pencegahan

Dengan pemberian antibiotik, pada umumnya bakteri radang tenggorokan biasanya sudah bisa disembuhkan. tapi walau bagaimanapun mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. untuk itulah pentingnya kebersihan rumah anda perlu dijaga. tips berikut sangat berguna untuk menangkal serangan radang tenggorokan pada anak dan bayi.
1. Minum banyak air putih selain untuk meningkatkan metabolisme tubuh juga sangat baik untuk mencegah anak atau bayi dari bahaya dehidrasi.
2. Untuk anak yang mengalami gejala ringan dari radang tenggorokan, kumurkan dengan air hangat yang telah di campur garam.
3. Hindari anak dari asap rokok yang dapat menjadi penyebab anak terjangkit infeksi tonsilits. asap rokok dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan anak dan bayi.
4. Biasakan anak membersihkan tangan setelah bermain dan ketika akan menyentuh makanan biar bakteri tidak mudah untuk menular. gunakanlah sabun anti bakteri atau cairan pembersih anti bakteri yang mudah dan banyak di jual di pasaran.
5. Sesering mungkin bersihkan lantai anda menggunakan cairan pembersih lantai yang mengandung anti bakteri dan kuman agar kesehatan rumah anda tetap terjaga.
6. Biasakan anak anda untuk menutup mulut ketika mereka batuk maupun bersin agar bakteri tidak menular.
7. Jangan biasakan anak anda memakai gelas, piring orang lain agar mereka tidak mudah terjangkit.
Untuk pengobatan sakit tenggorokan anda dapat dengan mudah dapat mencarinya di obat sakit tenggorakan di apotek yang ampuh tetapi yang harus diperhatikan adalah usia dan dosis pemakaiannya. hal tersebut bisa anda tanyakan secara langsung kepada apoteker atau penjualnya.

0 komentar:

Posting Komentar