Kamis, 03 Desember 2015

Penyebab sakit Perut sebelah kiri bagian bawah

Penyebab sakit perut ada banyak faktor yang menjadi pemicu diantaranya disebabkan karena ketidaknormalan organ tubuh pada bagian perut. tapi bisa juga di sebabkan karena terinfeksi bakteri dan kuman penyakit. pada artikel 7 Daerah sakit perut yang berbahaya telah dibahas hubungan antara daerah rasa nyeri dan penyakitnya. tapi pada artikel ini akan di bahas secara mendetail mengapa perut bawah anda terasa sakit.

Organ perut sebelah kiri terdiri atas ovarium kiri, rahim dan kandung kemih, usus turun, ginjal, ureter kiri dan kolom sigmoid. jika ada gangguan atas organ tubuh ini tentunya bisa saja virus,bakteri dan sumber penyakit lainnya dan bisa juga karena keabnormalan organ tubuh perut. dibawah ini adalah yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah :
Penyebab sakit Perut sebelah kiri bagian bawah
Organ perut

1. Usus

Penyakit crohn dan juga kolitis ulserativa secara umum terjadi yang menjadi penyebab perut sebelah kiri kita terasa sakit. jika sudah dalam kondisi kronis dan akut dapat menyebabkan terjadinya radang usus. pada penderita lainnya biasanya disertai dengan muntah, diare akut, mundah dan terjadinya pendarahan yang keluar dari lubang dubur. jika anda merasakan nyeri dan sakit di area bagian tubuh sebelah bawah juga bisa menjadi ciri-ciri dan gejala sindrom iritasi usus besar, biasanya di tandai dengan kontraksi usus besar yang tidak normal, tinja atau kotoran (tahi) sewwaktu buang air besar yang kita keluarkan mengandung lendir, buang air besar jadwal hariannya sudah tidak teratur, merasakan kram pada perut dan disertai dengan perut kembung

2. Diverticulitis

Orang yang sudah berusia lanjut mempunyai kemungkinan besar untuk mengalami kondisi ini dan hal ini sering terjadi. penderita biasanya merasakan nyeri dan sakit di bagian perut sebelah kiri. sakit itu di akibatkan karena adanya tonjolan di dinding usus. gejala yang biasa dialami oleh penderita penyakit Diverticulitis adalah diare yang disertai dengan keluarnya darah merah secara terus menerut, demam panas, perut sebelah kiri bagian bawah membengkak, sakit dan nyerinya tiba-tiba saja munculnya.

3. Gangguan ginjal

Kalsium memang sangat dibutuhkan tubuh kita terutama remaja, untuk pertumbahan dan pembentukan tulang. akan tetapi jika telah berlebihan juga sangat berbahaya. mungkin anda pernah mendengar tentang orang yang dioperasi ginjalnya dan keluarlah batu mirip biji rambutan. gangguan pada ginjal ternyata di sebabkan oleh tingginya kalisum dan asam urat berlebih yang membentuk batu ginjal. jika tubuh anda kekurangan cairan (dehidrasi) juga dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. disarankan jika anda ingin ginjal anda tetap sehat, perbanyak minum air putih. minimal menurut WHO sekitar 8 gelas sehari. sakit perut bagian kiri bawah juga juga dapat disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada ginjal. pertanda atau gejala awal yang dialami penderitanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian merembet ke daerah bagian ginjal anda. jika nyeri yang sudah akut biasanya dirasakan saat buang air kecil terasa panas dan gejala lainnya.

4. Penyakit saluran kemih

Apakah anda pernah merasakan perih ketika buang air kecil(kencing), anda bisa mewaspadai penyakit ini. penderita penyakit saluran kemih biasanya merasakan ingin selalu buang air kecil. penyebab yang menjadi biang keladi penyakit ini adalah karena infeksi mikroba. jika sudah terinfeksi sistem ekskresi pada daerah kandung kemih, ureter(uretra), dan juga ginjal maka dapat mempengaruh fungsi organ tubuh tadi. infeksi bakteri pada kandung kemih dalam istilah kedokteran dan ilmiah kondisi ini disebut dengan cystitis. kondisi cystitis inilah yang menyebabkan perut sebelah kiri bagian bawah anda terasa sakit, pantat  dan panggul terasa nyeri dan sakit dan gejala tidak normal lainnya terjadi ketika anda buang air kecil.

5. Sakit perut sembelit

Penyakit ini telah saya bahas pada artikel cara mengobati sakit perut melilit kembung dan mencret, kondisi perut bagian bawah sebelah kiri anda yang disebabkan oleh sembelit biasanya karena pola makan anda yang tidak sehat. buat anda yang biasa ngemil berkemungkinan besar untuk terkena sembelit. karena pada umumnya yang biasa dikonsumsi saat ngemil adalah makanan yang mengandung serat rendah seperti kue, makanan ringan/snack, dan daging juga termasuk makanan yang berserat rendah.

Sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita

Kondisi rasa nyeri sakit ini memang hanya wanita yang mengalaminya karena menyangkut organ yang tidak dimiliki oleh pria yaitu rahim. kondisi disaat wanita hamil ektopik dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit di sebelah kiri bagian bawah wanita. penyebab rasa sakit itu adalah ligamen yang berasal dari rahim berkembang dan juga krista luteal. pertumbuhan pada lapisan jaringan rahim di luar rongga rahim wanita yang merasakan sakit dan nyeri disebut dengan endometris. endometris menjadi penyebab pertumbuhan adhesi, rasa sakit, dan terjadinya iritasi. jika terus berlanjut rasa sakit ini juga bisa menyebabkan nyeri saat menstruasi dan buang air kecil, penyakit diare.

Jika anda mengalami gejala sakit perut sebelah kiri bagian bawah, untuk memastikan apakah anda mengalami sakit perut biasa atau sakit akibat penyakit serius, kronis dan akut, anda dapat memeriksakan ke dokter bisa ke puskesmas, rumah sakit untuk memastikan penyakit anda secara tepat. jika anda merasakan perut sebelah kanan anda yang sakit dapat membaca artikel lain di blog tips kesehatan ini yaitu  sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang

0 komentar:

Posting Komentar