Selasa, 01 Desember 2015

Sakit pinggang saat haid normalkah?

Hari menjelang datangnya haid atau menstruasi kadang menjadikan momok yang menakutkan bagi kaum wanita, selain direpotkan untuk menyiapkan berbagai pembalut andalan terkadang juga disertai rasa nyeri dan sakit dibagian daerah perut dan juga pinggang. haid adalah hal yang normal dan wajar pada setiap wanita, periode datangnya berbeda, mengenai siklus haid/menstruasi sudah saya bahas pada artikel bahaya menstruasi tidak teratur tidak lancar pada wanita, diharapkan anda membacanya terlebih dahulu agar dapat mengerti apa itu haid/menstruasi beserta prosesnya.

Sakit pinggang saat haid normalkah
Sakit pinggang saat haid
haid secara normal memiliki siklus yang tetap setiap bulan, dimana lapisan rahim pada organ wanita luruh atau pecahnya dinding rahim (endometrium) bersamaan dengan pecahnya pembuluh darah yang ada pada rahim itu yang di sebut dengan darah menstruasi.
Selama periode menstruasi adalah normal jika wanita mengalami rasa nyeri dan sakit dan kram di berbagai bagian tubuh, akan tetapi jika rasa sakit itu telah berlebihan tentu merepotkan apalagi jika anda memiliki aktifitas yang padat.

Menstruasi adalah kejadian bulanan untuk wanita di mana tubuh gudang lapisan rahim (rahim), yang kemudian melewati lubang kecil di leher rahim dan keluar melalui saluran vagina. dalam istilah medis rasa nyeri dan sakit menjelang dan saat haid disebut dengan dismenore. rasa sakit ini terbagi atas beberapa kategori yaitu dismenore primer dan dismenore dan dismenore sekunder. dismenore primer adalah rasa sakit dan nyeri sebelum dan selama proses menstruasi terjadi, dan hal ini adalah normal. akan tetapi jika kemudian rasa sakit ini disertai dengan masalah lain yang dapat mempengaruhi organ rahim dan organ panggul lainnya hal ini dalam istilah medis disebut dengan dimenore sekunder, maka anda wajib mewaspadainya.

Wanita yang sedang mengalami haid secara normal, tidak semuanya disertai dengan sakit pada bagian perut dan pinggang. anda memiliki resiko untuk mengalami haid dan menstruasi menyakitkan jika termasuk dalam kategori berikut :
1. Perokok berat
2. Belum pernah melahirkan bayi
3. Usia di bawah dua puluh tahun
4. Mengalami masa puber yang terlalu cepat ( biasanya sebelum usia sebelas tahun )
5. Memiliki keturunan yang mengalami sakit selama periode haid
6. Haid disertai pendarahan yang parah
7. sering mengalami menstruasi/haid tidak teratur dan tidak lancar

Sakit pinggang yang disaat haid adalah hal yang normal dan tidak tidak perlu dicemaskan secara berlebihan, akan tetapi anda dapat menghubungi dokter jika rasa terdapat tanda, ciri-ciri dan gejala sebagai berikut:
1. Jika anda merasakan sakit pinggang dan nyeri perut bagian bawah berlangsung lama biasanya lebih dari 3 bulan.
2. Bagian tubuh terasa kram dan disertai perut mual ingin muntah dan diare.
3. Jika dalam keadaan tidak haid rasa sakit pada pinggang dan panggung terus berlanjut

Mungkin timbul pertanyaan di benak anda, mengapa saat haid menyakitkan, pinggang sakit, perut nyeri dan juga kram? di dalam tubuh kita terdapat zat hormon yang disebut dengan prostaglandin. zat hormon prostaglandin ini dibutuhkan tubuh untuk memicu kontraksi otot pada rahim untuk melepas lapisan pada rahim yang terjadi setiap bulan saat haid. saat terjadi proses kontraksi menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada berbagai bagian tubuh biasanya perut bagian bawah dan pinggang bahkan dalam kasus yang lebih berat dapat menyebabkan peradangan. jika wanita yang sedang mengalami haid tersebut memiliki zat hormot prostaglandin yang tinggi maka rasa nyeri itu akan lebih menyakitkan lagi.

Sakit pinggang saat haid yang disertai kram bisa saja disebabkan oleh terjadinya infeksi, hal ini tentu saja berbahaya jika ditangani secara cepat karena bekas luka atau terjadinya jaringan parut yang dapat merusak organ panggul dan juga dapat menyebabkan anda sulit untuk hamil(infertilitas). akan tetapi tidak semua sakit pinggang saat haid dapat menyebabkan penyakit yang serius, anda dapat menghubungi bagian kesehatan jika anda memiliki tanda, ciri-ciri dan gejala sebagai berikut:
1. nyeri pinggang yang disertai dengan demam
2. Keputihan yang menimbulkan aroma tidak sedap (busuk).
3. Nyeri pinggul anda sudah menyakitkan dan parah
4. Di saat hamil nyeri sakit pinggang terjadi mendadak.

Mencegah penyakit lebih murah dan mudah dari pada mengobati penyakit, jika anda peduli dengan kesehatan anda alangkah lebih baik memeriksakan ke dokter jika tubuh kita dalam keadaan tidak sehat.

0 komentar:

Posting Komentar