Senin, 07 Maret 2016

35 Makanan penurun kolesterol dan asam urat tinggi indonesia luar negeri



35 Makanan penurun kolesterol dan asam urat tinggi indonesia luar negeri
Banyak tumbuhan herbal tradisional berupa makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat tinggi. tumbuhan herbal ini tidak hanya digunakan di indonesia tapi juga luar negeri (manca negara), biasa di gunakan sebagai makanan mentah atau dibuat sayuran lauk pauk. Apakah tanaman ini pernah anda jumpai? mungkin ada beberapa yang sering anda temui dan bisa juga anda baru pertama kali mendengarnya.

Buah cerry
Kandungan antosianin pada buah cerry sangat baik untuk menyembuhkan asam urat, karena pada buah cerry terdapat zat anti-inflamasi yang dapat mencegah pembentukan kristal asam urat pada daerah persendian tulang.


Beras ragi merah
Beberapa pengujian klinis yang dilaksanakan di negara cina dan negara lain dalam jangka waktu pengobatan selama 12 bulan telah terbukti bahwa beras ragi merah atau ekstrak nya (Xuezhikang) memberi efek hipolipidemik. Pada penderita penyakit jantung koroner terjadi penurunan kolesterol secara total, LDL-C dan tingkat TG, dan peningkatan HDL-C dan banyak yang terbukti sembuh total dari penyakit karena kolesterol. Pada extrak beras ragi merah terdapat sejumlah senyawa yaitu monacolins yang dapat membatasi enzim dalam biosintesis kolesterol. monacolins juga dikenal dengan nama mevinolin atau lovastatin. kombinasi beras merah ragi, ekstrak licorice, protein kedelai, chlorella, dan labu pahit mampu menurunkan kolesterol total, LDL-C dan TG tingkat sindrom metabolik penderita kolesterol tinggi selama masa pengobatan 12 minggu.

Jeruk nipis (Citrus × aurantiifolia)
Jika anda penderita asam urat tinggi menggunakan jeruk nipis sebagai minuman harian sangatlah baik karena asam sitrat pada buah jeruk nipis dapat melarutkan asam urat pada tubuh.

Cokelat hitam (Theobroma cacao)
 kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, Kadar asam urat yang tinggi dapat dinetralkan dengan rutin minum air cokelat hitam tanpa gula. karena pada cokelat hitam terdapat kandungan senyawa teobromin yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi.

Goji Berry atau wolfberry
Dalam bahasa ilmiah atau latin dikenal dengan nama Lycium barbarum, goji berry berwarna orange kemerahan tumbuhan semak yang berasal dari cina mungkin di indonesia belum banyak yang mengenalnya. tapi dinegara cina tumbuhan goji berry telah dimakan selama beberapa generasi agar awet muda dan tahan penyakit. memiliki sifat antioksidan sehingga banyak masalah kesehatan yang diobati dengan tumbuhan ini termasuk juga untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat tinggi. biasa dimasak untuk dibuat campuran lauk, atau dikeringkan dan dimakan mentah. untuk pengobatan orang cina mencampurnya ke dalam teh yang telah diolah dalam bentuk herbal dan terkadang juga dibuat campuran jus.
Khasiat dan manfaat goji berry
Goji berry kering mengandung polisakarida, karoten, asam askorbat, betaine dan zeaxanthin yang digunakan oleh tabib cina untuk pengobatan diabetes. dapat mengobati penyakit susah tidur(insomnia) goji berry ampuh untuk memberi efek tenang dan kualitas tidur yang lebih baik. mengkonsumsi goji berry dapat meningkatkan stamina olahragawan/atletik. dan cocok bagi anda yang dalam masa diet ketat untuk menurunkan berat badan.

Jahe Merah (Zingiber officinale var rubrum rhizoma)
Luka akibat peradangan dapat sembuh cepat dengan minum air jahe merah secara rutin, karena pada jahe merah terdapat zat anti peradangan yang dapat menyembuhkan luka tubuh dari dalam. selain itu dengan rutin minum air jahe merah dapat mencegah menumpuknya asam urat pada tubuh.

Gooseberry India (Emblica officinalis Gaertn)
Di india dan negara asia lainnya biasa menyebutnya dengan nama Amla, tumbuhan ini memiliki sifat antioksidan dari berat molekul rendah tanin terhidrolisis, sifat antihyperglycemic dan penurun lipid E. ekstrak kering dari Amla terdapat kandungan besar tanin galloellagi sekitar 35 persen juga terdapat tanin terhidrolisis lainnya. pada penelitian yang di uji pada pria yang berusia 35 sampai dengan 55 tahun selama empat minggu terdapat hasil yang mengejutkan yaitu terjadi penurunan kadar kolesterol. pada penderita asam urat yang berpuasa terjadi peningkatan tingkat HDL-C dan penurunan kadar LDL-C selama masa penelitian. secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Kacang pinto (Arachis pintoi)
Merupakan jenis kacang hias, diet ketat untuk penderita asam urat dibutuhkan makanan yang selektif agar asam urat tidak kambuh kembali. makanan pilihan yang mengandung asam folat dibutuhkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Buah pisang( Musa paradisiaca )
Serat pektin pada buah pisang dapat menurunkan kolesterol yang sangat baik untuk mencegah asam urat. kandungan flavonoid antioksidan pada buah pisang dapat mencegah oksidasi lemak yang menjadi faktor penyebab penyakit jantung.

Artichoke/globe artichoke
bahasa latin adalah Cynara cardunculus var. biasa digunakan sebagai sebagai bahan makanan oleh bangsa yunani dan romawi. dalam buku Les Paysans de Languedoc karangan Le Roy Ladurie, menyebutkan penyebaran budidaya artichoke di Italia dan Perancis selatan di 15-an dan 16 abad awal. masa abad pertengahan telah dibudayakan oleh bangsa muslim spanyol dan maghreb.
Manfaat dan khasiat
di negara Vietnam, rtichoke dibuat menjadi teh herbal caranya pembuatanya yaitu dengan mengambil bagian bunga yang dimasukkan ke dalam air. di meksiko teh hebal ini dikenal dengan nama Alcachofa. Ekstrak daun artichoke dapat menurunkan kadar kolesterol bagi penderita dengan hiperkolesterolemia. untuk pengobatan anda dapat menggunakan 400 miligram ekstrak daun artichoke selama lima minggu.

Teh hijau (Camellia sinensis)
teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan kandungan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sendi akibat penyakit asam urat tinggi. Anda dapat membaca artikel Penyebab asam urat tinggi dan kolesterol naik

Rhubarb
Bahasa latin Rheum rhapontiam, di Amerika serikat dianggap buah walau bentuknya adalah sayuran. daun rhubarb mengandung asam oksalat, yang merupakan nefrotoksik. serat rhubarb tangkai efektif dalam menurunkan konsentrasi kolesterol serum, terutama LDL-C, pada pria hiperkolesterolemia. berdasarkan uji klinis yang dilakukan selama 4 minggu oleh para ahli medis menunjukkan serat suplemen Rhubarb signifikan menurunkan delapan persen kolesterol total serum dan sembilan persen LDL-C , sedangkan konsentrasi HDL-C tetap tidak berubah.

Mengkonsumsi air putih
Minum air putih minimal delapan gelas setiap hari selain dapat melancarkan metabolisme tubuh juga dapat mencegah terbentuknya lemak dan asam urat dalam darah. agar tubuh anda tetap sehat sebaiknya anda rajin minum air putih biasa dibandingkan minuman manis bergula yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penyakit serius.

Bubuk bawang putih (Allium sativum)
Dalam sebuah uji klinis yang dilakukan selama empat minggu oleh para ahli menunjukkan hasil yang positif terkontrol plasebo di 60 Tipe 2 pasien diabetes, menunjukkan bahwa pengobatan dengan bubuk bawang putih mengakibatkan kontrol metabolik ditingkatkan karena penurunan glukosa darah, fruktosamin serum dan tingkat TG serum. manfaat dari bawang putih dapat menyebabkan pengurangan risiko kardiovaskular pada pasien diabetes. penggunaan bubuk bawang putih sangat baik karena berasal dari alam dan aman terhadap efek samping.

Buah apel (Malus domestica)
Pada buah apel terdapat kandungan penting yang dapat menurunkan asam urat tubuh yaitu asam malat. buah apel aman anda gunakan sehari-sehari, selain menyehatkan karena kandungan vitamin yang tinggi apel dapat menurunkan berat badan bagi anda yang melakukan diet ketat.

Diet makanan serat tinggi
Yang dibutuhkan oleh penderita asam urat bukan hanya obat juga diet kaya serat tinggi dan juga pantangan terhadap makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. mengganti makanan pokok yang sehari-hari anda konsumsi seperti beras dengan makanan menyehatkan serat tinggi bisa anda lakukan misalnya dengan oats dan beras merah. dengan diet makanan serat tinggi dapat menurunkan asam urat anda.

Curcumin
Curcumin adalah kurkuminoid utama dari rempah-rempah kunyit India, yang merupakan anggota dari keluarga jahe (Zingiberaceae). Curcumin sekarang digunakan sebagai suplemen di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, India, Jepang, China dan Afrika Selatan. Berdasarkan penelitian hasil suplementasi kurkuminoid dalam penurunan yang signifikan dalam konsentrasi TG serum, tetapi tidak memiliki pengaruh pada parameter profil lipid lainnya, sangat efektif untuk penurunan kolesterol penderita asam urat tinggi.

Setelah membaca artikel ini tentunya dapat memberikan gambaran bahwa banyak sekali tumbuhan obat-obatan di sekitar kita yang dapat kita manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sekaligus juga mengobati penyakit asam urat. tentunya pemeriksaan ke dokter di perlukan agar dapat diketahui secara pasti kadar asam urat yang anda miliki. pada artikel lain pada blog ini yaitu Voltaren natrium diklofenak obat rematik asam urat telah dibahas mengenai obat-obatan medis yang dapat dibeli di apotik untuk mengobati asam urat tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar