Minggu, 12 Juni 2016

Sungai Paling Unik di Dunia

1. Sungai Amazon

Sungai amazon

Terletak pada kawasan Amerika Latin, ada Sungai Amazon. Sungai Amazon melintasi Peru, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela sebelum bermuara di Samudera Atlantik. Sungai ini pun salah satu sungai dengan biodiversitas terbanyak di dunia, yang terdapat ikan piranha yang terkenal.

Sungai Amazon mempunyai julukan,  'Ocean River' karena dialiriair  paling banyak dibanding sungai-sungai lain di dunia. Tiap detik mengalir, 9 juta sampai 32 juta galon air mengalir di sungainya. Yang ternyata, jumlah itu sama dengan 20% cadangan air tawar di seluruh dunia.

2. Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai terpanjang di dunia yang lain adalah, Sungai Nil di kawasan Afrika Utara. Sungai ini mempunyai panjang lebih dari 1.000 km, panjangnya mencapai 6.649 Km.

Sungai ini mengaliri 11 negara, di antaranya Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Kenya, Sudan dan Mesir. Sungai ini punya dua anak sungai yang terbesar yaitu Nil Putih dan Nil Biru. Nil Putih mengalir ke Afrika Tengah, dengan jarak terjauh berawal dari Rwanda atau Burundi. Aliran ini juga melewati Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan Selatan. Sedangkan Nil Biru memulai aliran di Danau Tana, Ethiopia dan bertemu dengan Nil Putih di  Sudan.

3. Sungai Neretva

Sungai Neretva

Di bagian tenggara Eropa, ada sungai namanya Neretva. Sungai ini melintasi beberapa negara yang diantaranya seperti Kroasia dan Bosnia Herzegovina. Sungai ini emang namanya jarang didengar orang, tapi kecantikannya sangat luar biasa.

Oleh karena itu, Sungai Neretva ditasbihkan sebagai sungai karst terbesar di dunia. Tidak heran, ternyata sungai ini dikelilingi bukit karst alias kapur, sehingga menciptakan banyak gua dan arus tak biasa. Airnya pun berwarna hijau nan jernih.

4. Sungai Cano Cristales

Sungai Cano Cristales

Kembali  ke Amerika latin, ada Sungai Cano Cristales. Berawal dari kaki Pegunungan Andes, Cano Cristales adalah salah satu sungai terindah di dunia. Sungai ini juga dijuluki sungai yang mengalir dari surga.

Setiap akhir Oktober sampai awal November, permukaan sungai ini berubah jadi aneka warna. Ada merah, oranye, kuning, hijau bahkan biru. Ini disebabkan oleh alga yang beraneka warna sehingga menjadikan sungai ini mirip dengan Pelangi.

5. Sungai Ganga

Sungai Ganga

Titik awal sungai ini berada di selatan Pegunungan Himalaya, mengalir 2.510 Km menyusuri China, India, Nepal dan Bangladesh sebelum bermuara di Samudera Hindia. Menurut masyarakat Hindu, sungai ini adalah sungai yang suci.

Kenapa begitu, sebab masyarakat Hindu yang tinggal di 52 kota dan 48 desa di bantaran Sungai Ganga percaya atas kemampuan sungai ini untuk menghilangkan dosa. Tiap tahunnya, ratusan ribu peziarah menyambangi bantaran Sungai Ganga untuk mandi dan berdoa. Sungai ini juga digunakan masyarakat Hindu untuk membuang abu jenazah. Dipercaya, sungai ini akan mengantar arwah orang meninggal langsung ke nirwana.

0 komentar:

Posting Komentar