Jumat, 08 Juli 2016

Tips aman berbelanja online

Berikut adalah Tips aman berbelanja online berdasarkan pengalaman pribadi.




Pada zaman sekarang ini berbelanja online menjadi alternatif yang sangat diminati banyak kalangan, khususnya bagi sebagian orang yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke mall atau tempat untuk membeli kebutuhannya.

Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika kita memutuskan untuk membeli kebutuhan kita secara online, guna menghindari penipuan dan menyebabkan kerugian waktu dan juga uang.

Pertama yang harus anda pelajari adalah Produk yang anda beli, pastikan apa yang anda inginkan itulah yang akan anda dapatkan. Jangan mudah percaya hanya karena foto saja, baca juga keterangannya dan bertanyalah sampai anda sepenuhnya yakin, karena kalo foto bisa saja penjual mengambilnya di google, atau sumber lain.

Cara untuk melakukan validasi foto produk yang di jual oleh pedagang adalah dengan cara : minta pedagang untuk memfoto produk tersebut yang di sampingnya di tulis pada kertas tulisan nama anda atau kode atau apapun itu.

Tapi ingat, tidak semua penjual online mau melakukan itu. bukan berarti dia menipu, tapi mungkin juga karena tidak ada waktu untuk melakukan hal itu. jika cara ini gagal cek validasi toko online yang penjual miliki, apakah ada review dari pembeli sebelum anda, atau apakah pedagang punya web resmi, dan lain sebagainya. jangan keburu napsu untuk membeli sebuah produk secara online jika anda belum melakukan survey terlebih dahulu.

Kedua yang harus di pelajari adalah sistem nya. Maksud dari sistem di sini adalah bagaimana flow transaksinya, apakah tunai? ada barang ada uang? atau lainnya.

Perlu di ketahui, "Peraturan baku" sebuah transaksi online adalah " Uang transfer terlebih dahulu kemudian Barang di kirim " adapun yang pembayaran awalnya di lakukan secara DP ( Down Payment ). Intinya "Uang terlebih dahulu kemudian barang di kirim". jadi jangan marah-marah kalo penjual minta uang di transfer duluan ya, karena sistem yang selama ini ada mutlak seperti itu.

Eits tapi jangan dulu merasa ragu untuk melakukan transaksi online loh, Memang benar jika anda belum tau tipsnya 100% anda akan tertipu.

Tipsnya adalah Mengunakan Rekber ( Rekening Bersama )

Menggunakan Rekber membuat transaksi aman krna melibatkan pihak ke 3 untuk transaksinya :

Alurnya seperti ini :



Keterangan Gambar :

1. Pembeli transfer sejumlah uang ke Pengelola Rekber untuk pembelian sebuah barang kepada penjual

2. Pengelola Rekber akan memberitahukan Penjual bahwa uang sudah di terima dan selanjutnya Penjual mengirim Barang pesanan kepada Pembeli.

3. Barang di terima oleh Pembeli, dan Pembeli melakukan konfirmasi kepada Pengelola Rekber bahwa Barang sudah di terima dan dana bisa di cairkan.

4. Pengelola Rekber menerima konfirmasi dari pembeli dan kemudian mentransfer sejumlah uang untuk kepada Penjual.

Banyak sekali toko online yang menawarkan jenis transaksi menggunakan Rekber, tapi anda harus tetap waspada, cek juga Rekber yang Penjual Tawarkan apakah aman atau tidak.

Dilain waktu saya akan coba membahas lebih detail dan terperinci mengenai cara-cara aman berbelanja online

Demikian Tips aman berbelanja online. Bijaklah dalam berbelanja Online jangan lupa lakukan survey dan tetap waspada. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar