Rabu, 25 Januari 2017

Penyakit vertigo penyebab dan cara penyembuhannya

Penyakit vertigo penyebab dan cara penyembuhannya

Apa itu vertigo

Vertigo (kegamangan) bukanlah penyakit menular, biasanya dihubungkan dengan sakit kepala walau terdapat perbedaan antara sakit kepala dengan vertigo. vertigo adalah sensasi perasaan yang disebabkan kehilangan keseimbangan, vertigo berhubungan erat dengan gaya grafitasi. ciri-ciri orang dalam kondisi vertigo adalah kepala pusing, dunia sekitar terasa berputar.
Penyakit vertigo penyebab dan cara penyembuhannya

Contoh vertigo seperti misalnya pusing ketika mabuk laut disaat perjalanan menggunakan kapal. seperti kita ketahui kita mabuk laut disebabkan gerakan kapal yang tidak seimbang akibat adanya gelombang. begitu juga ketika menggunakan kendaraan darat misalnya mobil atau kereta api. efek fertigo yang biasa kita rasakan adalah kepala pusing serasa berputar, perut mual, bdan terasa dingin kalau sudah parah biasanya penderita akan muntah.

Penyebab vertigo

vertigo paling sering disebabkan karena kesulitan pada bagian dalam telinga. dalam istilah medis disebut BPPV(benign paroxysmal positional vertigo). Telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak tentang kepala dan gerakan tubuh relatif terhadap gravitasi. Hal inilah yang membantu keseimbangan pada tubuh. dalam kondisi vertigo (BPPV) terjadi ketika partikel kalsium kecil (canaliths) perdu di kanal-kanal telinga bagian dalam. banyak hoax yang beredar vertigo adalah penyakit kulit, tentu saja itu tidak benar karena vertigo berhubungan erat dengan telinga dan kepala yang salah satunya disebabkan gangguan keseimbangan bukan berhubungan dengan kulit tubuh.

Jenis penyakit Meniere

adalah gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan tekanan fluida dan perubahan di telinga. sehingga menyebabkan berlanjutnya vertigo yang disertai telinga berdenging (tinnitus) dan gangguan pada pendengaran. neuritis vestibular atau labyrinthitis. Ini adalah masalah  pada telinga bagian dalam yang berhubungan dengan infeksi (Biasanya virus). Infeksi menyebabkan peradangan pada telinga bagian dalam sekitar saraf.

Gejala vertigo

Tubuh berkeringat, kepala terasa sakit, gerakan pada mata tidak seperti biasanya, perasaan ingin muntah dan mual pada perut, tubuh terasa bergoyang dan terasa miring, tubuh merasa ditarik kesatu arah, telinga terasa berdenging.

Cara penyembuhan vertigo

Banyak cara untuk mengobati vertigo, penyembuhan penyakit vertigo sangat tergantung penyebabnya. Penyakit vertigo biasa, bisa disembuhkan dengan mudah caranya dengan membeli obat vertigo di apotik yang ampuh menurut anda. atau bisa juga vertigo dapat anda sembuhkan dengan cara alami tradisional misalnya memanfaatkan minyak daun sirih.

contoh kongkrit seperti misalnya anda mabuk laut, anda dapat minum obat anti mabuk seperti antimo atau dramamine yang keampuhannya telah saya bahas pada artikel Mengatasi mabuk laut dengan obat dramamine

Akan tetapi tidak semua vertigo harus disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan atau cara tradisional. dengan beristirahat yang cukup juga dapat membantu tubuh bermetabolisme sehingga kepala dan gerakan tubuh terhadap gravitasi menjadi normal kembali. karena otak kita mampu beradaptasi, setidaknya sebagian, dengan perubahan telinga bagian dalam,

bergantung pada mekanisme lain untuk menjaga keseimbangan. jika gejala vertigo anda terus berlangsung dalam waktu yang lama, anda dapat memeriksakan ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih akurat.

Jenis penyakit vertigo yang berbahaya

Jika vertigo yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan, antibiotik atau steroid dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan infeksi.Un tuk penyakit Meniere, diuretik (pil air) dapat diresepkan untuk mengurangi tekanan dari penumpukan cairan.

Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengobati vertigo.Jika vertigo adalah Disebabkan oleh masalah mendasar yang lebih serius seperti tumor atau cedera pada otak atau leher. tentu saja jenis penyakit vertigo inilah yang berbahaya sehingga ke dokter adalah salah satu upaya yang harus anda lakukan agar bisa sembuh total.

0 komentar:

Posting Komentar