Jumat, 07 April 2017

Penyebab keputihan gatal dan berair pada wanita

Keputihan yang paling sering terjadi adalah normal dan teratur. Namun, ada beberapa jenis keputihan yang dapat mengindikasikan infeksi. cairan yang abnormal mungkin kuning atau hijau, chunky konsistensi, atau memiliki bau busuk. cairan yang abnormal biasanya disebabkan oleh ragi atau infeksi bakteri. Jika Anda melihat keputihan setiap yang terlihat tidak biasa atau berbau busuk, Memeriksakan diri ke dokter atau membeli obat di apotik.

Jenis keputihan

Ada beberapa jenis keputihan. jenis ini dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensi mereka. Beberapa jenis keputihan yang normal, tetapi yang lain mungkin menunjukkan kondisi yang mendasarinya yang membutuhkan pengobatan.
putih
Penyebab keputihan gatal dan berair pada wanita


Sedikit cairan putih, terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi Anda, adalah normal. Namun, jika keputihan disertai dengan rasa gatal  di daerah kewanitaan dan memiliki tebal, seperti butiran keju, itu tidak normal dan membutuhkan perawatan. Jenis keputihan mungkin merupakan tanda dari infeksi jamur.

Keputihan berair

Keputihan yang berair ini normal dan dapat terjadi setiap saat bulan. Ini mungkin terjadi jika berat badan wanita betambah. Ketika keputihan menampak tanda-tanda berlendir dan berair, ini menunjukkan bahwa Anda mungkin berovulasi dan gejala tersebut adalah hal yang normal saja.

Coklat atau berdarah

Berwarna coklat atau keputihan berdarah biasanya normal, terutama ketika terjadi selama atau setelah siklus menstruasi Anda. Setelah keputihan pada fase akhir  dapat melihat coklat bukan merah. Anda juga mungkin mengalami sejumlah kecil keputihan berdarah di antara periode, yang disebut bercak. Jika bercak terjadi selama waktu normal periode Anda dan Anda baru-baru ini melakukan hubungan  tanpa perlindungan, ini bisa menjadi tanda kehamilan. Bercak selama fase awal kehamilan bisa menjadi tanda keguguran, anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda.

Dalam kasus yang jarang terjadi, keputihan coklat atau berdarah bisa menjadi tanda kanker serviks stadium lanjut. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan pemeriksaan ke dokter.

Berwarna kuning atau hijau

Sebuah keputihan kuning atau hijau, terutama ketika itu terdapat cairan dan menimbulkan bau busuk adalah keputihan tidak normal. Jenis keputihan mungkin merupakan tanda dari trikomoniasis infeksi, yang biasanya menyebar melalui hubungan intimual.

Penyebab Keputihan

keputihan yang normal adalah fungsi tubuh yang sehat, dan itu cara tubuh Anda membersihkan dan melindungi vagina. Itu normal untuk keputihan meningkat dengan berolahraga, gairah intimual, ovulasi, pengendalian kelahiran penggunaan pil, dan stres emosional.

keputihan yang abnormal, bagaimanapun, biasanya disebabkan oleh infeksi.
Vaginosis bakteri

vaginosis bakteri adalah infeksi bakteri dan sangat umum. penyebab infeksi ini meningkat keputihan yang memiliki yang kuat, busuk, dan bau amis kadang-kadang, meskipun tidak menghasilkan gejala pada beberapa kasus. Wanita yang menerima intim oral atau yang memiliki banyak pasangan intimual memiliki peningkatan risiko tertular infeksi ini.

trichomoniasis


Ini adalah jenis lain dari infeksi, tapi protozoa (organisme bersel tunggal) menyebabkannya. Infeksi ini biasanya ditularkan melalui kontak intimual, tetapi juga dapat dikontrak oleh berbagi handuk atau pakaian renang. Infeksi ini hasil dalam keputihan kuning atau hijau yang memiliki bau busuk. Nyeri, peradangan, dan gatal-gatal tapi tidak berbau di daerah kewanitaan juga merupakan gejala umum, meskipun beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

Infeksi ragi

Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang menghasilkan putih, keju cottage seperti keputihan selain terbakar dan sensasi gatal. Kehadiran ragi dalam vagina adalah normal, tetapi pertumbuhannya dapat berkembang biak di luar kendali dalam situasi tertentu. Berikut ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda infeksi ragi:

    diabetes
    kelahiran penggunaan kontrol pil
    gatal pada daerah kewanitaan saat hamil
    antibiotik (digunakan terutama berkepanjangan lebih dari 10 hari)

Gonore dan klamidia

Gonore dan klamidia infeksi menular intimual dapat menghasilkan cairan yang abnormal, yang sering kuning, kehijauan, atau berawan.
Penyakit Radang Panggul

Penyakit inflammitory panggul adalah infeksi yang sering menyebar melalui kontak intimual. Hal ini terjadi ketika bakteri menyebar hingga organ reproduksi lainnya vagina dan ke dalam. Ini mungkin menghasilkan berat, keputihan berbau busuk.
Human Papillomavirus (HPV) atau Kanker Serviks

Human papillomavirus (HPV), yang ditularkan melalui hubungan intimual, dapat menyebabkan kanker serviks. Sementara mungkin tidak ada gejala, jenis kanker dapat menghasilkan keputihan berdarah, coklat, dan / atau berair dengan bau yang tidak sedap. Kanker serviks dapat dengan mudah dicegah atau ditemukan dengan Pap smear tahunan dan tes HPV.
Kapan Mencari Bantuan Medis

Jika Anda memiliki keputihan yang tidak biasa dengan gejala lain seperti demam, nyeri di perut, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, atau buang air kecil meningkat, segeralah membeli obat keputihan yang tersedia di apotik kimia farma dan apotik lainnya.
Berikut ini adalah penyebab keputihan gatal dan berair pada wanita :

1. Infeksi jamur vagina
gejala yang wanita rasakan adalah sakit saat buang air kecil atau berhubungan intim, gatal, berair dan panas  di daerah kewanitaan. penyebabnya adalah infeksi jamur candida albicans pada vagina. mungkin anda pernah merasakanya, karena infeksi ini memang sudah sering dialami wanita. faktor penyebab terjadinya infeksi adalah sebagai berikut :

- Sering mengkonsumsi makanan dengan rasa manis
- Dalam masa kehamilan terasa gatal
- Antibiotik tertentu
- Perubahan hormon disaat haid/menstruasi yang menimbulkan rasa gatal
- Diabetes

2. Vulvovaginitis
adalah peradangan atau infeksi pada vulva dan vagina. Ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi perempuan dan anak perempuan dari segala usia, dan memiliki berbagai penyebab. Nama lain untuk kondisi ini adalah vulvitis dan vaginitis.

Banyak pemicu yang dapat menyebabkan infeksi di daerah vagina dan vulva, Penyebab paling umum adalah bakteri. Bisa juga disebabkan oleh :
- infeksi menular seksual
- paparan alergen
- iritasi kimia
- ragi
- virus
- parasit
- faktor lingkungan

3. Pascamenopause Atrophic Vaginitis

Pascamenopause vaginitis atrofi, atau atrofi vagina, adalah penipisan dinding vagina yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen. Hal ini paling sering terjadi setelah menopause.

Menopause adalah waktu dalam kehidupan seorang wanita, biasanya antara usia 45 dan 55, ketika ovarium tidak lagi melepaskan telur. Dia juga berhenti memiliki periode menstruasi. Seorang wanita di kategorikan pascamenopause ketika dia tidak memiliki jangka waktu selama 12 bulan atau lebih.
Penyebab vagina Atrophy

Penyebab vaginitis atrofi adalah penurunan estrogen. Tanpa estrogen, jaringan vagina menipis dan mengering. Hal ini menjadi kurang elastis, lebih rapuh, dan lebih mudah terluka.

Penurunan estrogen dapat terjadi pada waktu lain selain menopause, termasuk:

- selama menyusui
- setelah pengangkatan indung telur (menopause bedah)
- setelah kemoterapi untuk pengobatan kanker
- setelah terapi radiasi panggul untuk pengobatan kanker
- setelah terapi hormonal untuk pengobatan kanker payudara

4. Infeksi Chlamydia
Chlamydia adalah infeksi menular seksual umum (IMS) yang disebabkan oleh bakteri. Orang yang memiliki klamidia sering tidak memiliki gejala luar pada tahap awal. Yang mungkin bisa membuat Anda berpikir Anda tidak perlu khawatir. Namun, klamidia dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tahap selanjutnya, termasuk mencegah wanita dari kehamilan atau bahkan membahayakan kehamilan mereka.

5. uretritis
Uretritis adalah suatu kondisi di mana uretra, atau tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh, menjadi meradang dan teriritasi. Semen juga melewati uretra laki-laki. Uretritis biasanya menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan dorongan meningkat untuk buang air kecil. Penyebab utama dari uretritis biasanya infeksi oleh bakteri.

Uretritis adalah tidak sama dengan infeksi saluran kemih (ISK). Uretritis adalah peradangan uretra, sementara ISK adalah infeksi saluran kemih. Mereka mungkin memiliki gejala yang sama, tetapi membutuhkan metode yang berbeda dari pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasari uretritis tersebut.

6. Pelvic Inflammatory Disease (PID)
Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi pada organ reproduksi pada wanita. panggul adalah di perut bagian bawah dan termasuk saluran tuba, ovarium, serviks, dan uterus.

7. Peradangan Serviks (Servisitis)
Leher rahim adalah bagian paling bawah dari rahim. Ini meluas sedikit ke dalam vagina. Di sinilah darah haid keluar rahim dan terasa gatal. Selama persalinan, serviks berdilatasi untuk memungkinkan bayi untuk melewati endoserviks, atau kelahiran, kanal. Seperti jaringan dalam tubuh, leher rahim dapat menjadi meradang karena berbagai alasan. Radang serviks dikenal sebagai servisitis.

8. Gonorea
Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS). Ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Hal ini cenderung untuk menginfeksi hangat, daerah lembab tubuh, termasuk:

- uretra (tabung yang mengalir urin dari kandung kemih)
- mata
- tenggorokan
- vagina
- dubur
- saluran reproduksi wanita (tuba falopi, leher rahim, dan rahim).

9. trikomoniasis
Trichomoniasis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bersel satu protozoa organisme Trichomonas vaginalis.

10. Infeksi Human Papillomavirus
Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi virus yang lewat di antara orang melalui kontak kulit ke kulit. Ada lebih dari 100 jenis HPV, tetapi kebanyakan penekanan diberikan kepada 40 varietas yang mempengaruhi alat kelamin, mulut, atau tenggorokan, yang ditularkan melalui kontak seksual.

Anda dapat membeli sendiri obat untuk keputihan yang mudah anda temukan di apotik dan toko obat terdekat.

0 komentar:

Posting Komentar