Rabu, 18 Maret 2020

Kenali Penyebab Mata Kiri Kedutan Berikut Ini!


Mata berkedut sering kali dikaitkan dengan berbagai mitos yang terkait dengan berbagai hal baik ataupun buruk. Namun tahukah Anda, bahwa kondisi berkedutnya mata dalam diri kita, bisa berkaitan dengan kondisi medis terutama dengan kesehatan tubuh kita. Kedutan merupakan kondisi dimana denyut atau getaran pada bagian kelopak mata terlalu kencang. Denyutan pada mata inilah yang biasa berkaitan dengan gerak berbagai otot yang terkait, oleh karenanya apabila kita mengalami kedutan, sebaiknya perhatikan dengan seksama, agar nantinya deteksi dini mengenai kesehatan dapat terjaga. Berikut ini beberapa indikasi penyebab mata kiri kedutan, yang mungkin dapat Anda jadikan bahan referensi untuk melakukan perawatan kesehatan dan mengantisipasi timbulnya penyakit penyerta lainnya.



Dalam bahasa medis sendiri mata berkedut dikenal dengan sebutan mytokimia, yaitu kondisi dimana denyutan pada kelopak mata terjadi karena ketegangan yang terjadi pada saraf-saraf yang terdapat pada kelopak mata baik di bagian atas ataupun bawah kelopak. Saraf-saraf inilah yang biasanya berkaitan dengan bagian tubuh lainnya, sehingga kemungkinan mata berkedut baik bagian kiri atau kanan dapat mengindikasikan kondisi kesehatan tubuh yang lainnya.

Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menimbulkan berkedutnya mata baik bagian kanan dan kiri, yang antara lain adalah:

  • Mata lelah karena banyak bekerja dengan alat yang mengeluarkan banyak cahaya, seperti mesin las, komputer, dan terlalu lama memandang gadget.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein, serta merokok dimana kandungan bahan kimia pada rokok inilah, yang dapat menyebabkan ketegangan pada saraf-saraf di sekitar kelopak mata.
  • Selain kafein dan asap rokok, alkohol pun dapat menyebabkan saraf di sekitar kelopak mata menjadi menegang yang juga dapat menyebabkan timbulnya kedutan pada mata.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu yang tergolong dalam jenis obat antiepileptik serta antipsikotik dapat menyebabkan kerja otot dan saraf bergetar, sehingga kedutan tidak hanya terjadi pada bagian mata saja, namun getaran saraf dapat juga terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Penyebab saraf dan otot pada bagian kelopak mata tersebut merupakan penyebab yang memang terlihat ringan, dan tidak mengindikasikan adanya keterkaitan dengan kesehatan tubuh lainnya. Namun jika hal tersebut terus terjadi berulang-ulang, bukan hal yang tidak mungkin jika kesehatan tubuh lainnya ikut terganggu fungsinya. Oleh karenanya batasilah baik dalam hal penggunaan alat kerja yang menimbulkan ketegangan pada saraf di sekitar kelopak mata, konsumsi kafein, rokok dan alkohol serta obat-obatan yang dapat menyebabkan timbulnya ketegangan pada saraf kelopak mata.

Selain penyebab di atas, saraf pada bagian kelopak mata yang berkedut pun juga dapat mengindikasikan adanya penyakit lain yang diderita. Bell’s Palsy merupakan penyakit yang menandakan adanya kelumpuhan pada saraf wajah akibat trauma ataupun kerusakan. Kondisi penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya kedutan pada mata sebelah kiri. Apabila kedutan yang terjadi pada mata sebelah kiri Anda terlalu sering, maka segera konsultasikan dengan dokter yang berkompeten.

Indikasi gangguan kesehatan lain jika mata kiri kedutan adalah multiple sclerosis merupakan kondisi gangguan kesehatan terkait dengan sistem saraf pusat dan sistem sumsum tulang belakang. Gangguan kesehatan ini dapat mempengaruhi sistem penglihatan dan keseimbangan penderitanya, dimana indikasi awal biasanya akan ditandai dengan seringnya kelopak mata bagian kiri berkedut. Bagi Anda yang memang mengalami kedutan pada mata kiri dengan intensitas yang tidak biasa, maka akan sangat dianjurkan agar segera mengkonsultasikan dengan dokter terkait agar pencegahan dari penyakit yang lebih lanjut dapat ditangani dengan segera.


0 komentar:

Posting Komentar